• News

  • Nasional

Di Kulon Progo Tanaman Melon Tergenang Banjir

Tanaman melon (rimanews.com)
Tanaman melon (rimanews.com)

KULON PROGO, DIY, NETRALNEWS.COM - Ribuan Hektare tanaman melon dan semangka yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terendam banjir akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah ini pada Kamis (18/6).

Lahan tamanan melon dan semangka atau tanaman hortikultura yang terendam berada di Kecamatan Temon, Panjatan, Wates, Galur, Lendah dan Sentolo.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kulon Progo, Sihabudin, saat meninjau lokasi area persawahan di Kulon Progo, Minggu (19/6/2016), mengatakan, di Kecamatan Galur dan Lendah ada sekitar 2.000 Hektare lahan hortikultura terendam banjir, belum termasuk pusat tanaman hortikultura di Wates, Panjatan, dan Temon.

"Di wilayah Galur dan Lendah, tanaman semangka dan melon baru berumur satu bulan, dan ada yang siap panen. Kerugian yang dialami petani diperkirakan mencapai miliaran," kata Sihabudin.

Ia mengatakan petani sejak pagi sudah menyelamatkan tanaman mereka dengan memompa air yang menggenangi lahan mereka dengan mesin disel. Tapi, upaya petani tidak dapat maksimal karena saluran irigasi juga masih meluap.

"Kami minta DPU dan Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo segera mengambil langkah-langkah strategis supaya kerugian petani tidak semakin banyak," katanya.

Editor : Hila Japi
Sumber : Antara