• News

  • Lingkungan

Disangka Sudah Punah, Laba-laba Mematikan Ini Miliki Tubuh Aneh Seperti Burung

Laba-laba mematikan ini miliki tubuh aneh seperti burung.
Daily Mail
Laba-laba mematikan ini miliki tubuh aneh seperti burung.

Berita Terkait

JAKARTA, NNCLaba-laba aneh ini menguntit mangsanya di malam hari seperti pembunuh dan dianggap sudah punah, menurut sebuah penelitian. Para ahli kemudian telah mengidentifikasi 18 spesies baru laba-laba pelikan, karena kemiripannya dengan burung-burung yang ada di pulau tropis Madagaskar.
 
Dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (14/1/2018), laba-laba ini tidak lebih besar dari sebutir beras dan sudah ada selama 165 juta tahun lalu. Laba-laba ini ditemukan di Afrika Selatan, Australia dan Madagaskar, nyaris tidak berubah dan disebut 'fosil hidup'.
 
Mereka tidak membuat jaring, malah memburu laba-laba lainnya dan membunuh mereka dengan menggunakan penjepit besar yang dimilikinya.
 
Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Hannah Wood, Kurator Arakhnida dan Myriapods di Smithsonian Institute di Washington DC, mengidentifikasi spesies laba-laba pembunuh yang belum pernah dijelaskan oleh sains ini sebelumnya.
 
"Laba-laba penjelajah, yang biasa disebut pelikan atau laba-laba pembunuh, adalah kelompok kuno paleoendemik yang telah ada sejak zaman Pangaean. Laba-laba ini tidak membangun jaring untuk menangkap mangsanya. Mereka adalah pemburu aktif,” kata Hannah.
 
Peneliti menilai, akan ada lebih banyak spesies yang belum pernah dijelaskan atau didokumentasikan oleh sains selama ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani