• News

  • Nasional

DPR Janji Perjuangkan Anggaran Gaji LAN dan ANRI

Rambe Kamarulzman-janji (rimanews.com)
Rambe Kamarulzman-janji (rimanews.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamaruzzaman, berjanji memperjuangkan tambahan anggaran gaji bagi pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui APBN Perubahan 2016 setelah gagal diperoleh karena pembahasan APBN-P 2016 oleh Badan Anggaran (Banggar) telah sampai tahap finalisasi.

"Namun kami akan perjuangkan untuk LAN dan ANRI," ujar Rambe Kamaruzzaman saat dikonfirmasi Jumat (24/6/2916) hari ini. 

Politisi partai Golkar tersebut menjelaskan perjuangan anggaran tersebut telah dibahas dalam rapat kerja dengan Kementerian PAN-RB, KASN, LAN, BKN, ANRI di gedung parlemen, Jakarta, Kamis kemarin.

Rambe menilai persoalan gaji merupakan kebutuhan yang begitu krusial. Dalam rapat kerja tersebut, Rambe sempat mempertanyakan mengapa LAN dan ANRI baru mengajukan anggaran kenaikan gaji disaat pembahasan di banggar telah masuk tahap finalisasi.

"Bagaimana mungkin gaji tahun 2016 baru diajukan melalui RAPBN 2017," ujar Rambe.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait tambahan anggaran ini. Dia mengatakan Kementerian Keuangan meminta agar anggaran tambahan gaji untuk pegawai tidak diajukan melalui APBN Perubahan 2016, tetapi melalui Rancangan APBN 2017.

"Jadi kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Namun mereka mengatakan agar pembahasannya tidak dalam APBNP 2016 melainkan pada bulan Juli saat RAPBN 2017," ujar Kepala LAN Adi Suryanto.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi