• News

  • Nasional

Hari Ini Kahar Muzakir Dilantik Jadi Ketua Komisi III Gantikan Bamsoet

Kahar Muzakir (kiri) dan Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet.
Istimewa
Kahar Muzakir (kiri) dan Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

JAKARTA, NNC - Hari ini, Rabu (24/1/2018) Politikus Partai Golkar, Kahar Muzakir dilantik jadi Ketua Komisi III DPR menggantikan Bambang Soesatyo yang kini menjadi Ketua DPR. Dia adalah Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Seperti apakah sosok seorang Kahar Muzakir

Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng meyakini Kahar Muzakir mampu bekerja optimal dalam memimpin komisi III DPR.

“Saya yakin dia ( Kahar Muzakir-red)  bisa menjadi pimpinan yang mumpuni,” kata pria yang akrab disapa Melky Mekeng saat dihubungi wartawan, Rabu (24/1/2018). 

Lanjut dia, sebagai sahabatnya dan sesama anggota di fraksi Partai Golkar dirinya berharap Kahar Muzakir bisa membawa Komisi III menjadi mitra yang efektif bagi pemerintah kedepannya. 

"Semoga Pak Kahar bisa memelihara suasana kondusif di komisi dan juga dengan mitra kerja (pemerintah), sehingga bisa mencapai hasil yang optimal dalam menjalankan 3 fungsi DPR RI (sebagai legislasi, anggaran, dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat)," papar politikus asal Nusa Tenggara Timur ini. 

Untuk diketahui, berdasarkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor: 3/DPR RI/IV/2014-2015 Tentang Penetapan Kembali Mitra Kerja Komisi-Komisi DPR RI Masa Keanggotaan Tahun 2014-2019, tanggal 23 Juni 2015, ruang lingkup dan pasangan kerja Komisi III DPR RI maka ruang lingkup kerjanya membidangi hukum, Hak Asasi Manusia dan Keamanan. 

Dalam menjalankan tugasnya, Komisi III atau Komisi Hukum DPR RI berpasangan atau bermitra kerja dengan sedikitnya 15 lembaga.

Berikut adalah 15 lembaga mitra kerja Komisi III DPR: 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan Agung, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM), Komisi Hukum Nasional, Setjen Mahkamah Agung, Setjen Mahkamah Konstitusi, Setjen Komisi Yudisial, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Setjen MPR, Setjen DPD.

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli