• News

  • Lingkungan

Seekor Paus Sperma Terdampar di Situbondo

Seekor Paus Sperma terdampar di Situbondo.
Twitter
Seekor Paus Sperma terdampar di Situbondo.

SITUBONDO, NNC - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur bersama Balai TN Baluran, Polairud, TNI AL, BPSPL KKP, Kopenhagen Zoo, Jasalindo dan masyarakat sekitar berhasil menyelamatkan satu ekor Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Phyceter macrocephalus).

Paus tersehut terdampar di Pelabuhan Jangkar, Situbondo dan penyelamatan dilakukan sejak Jumat pagi (2/3/2018) dan setelah kurang lebih 12 jam berlangsung, tim akhirnya berhasil mengembalikan paus tersebut ke laut pada pukul 01.00 WIB dini hari Sabtu (3/3/2018).

Penyelamatan Paus dilakukan Tim dari pagi hingga sore hari agar satwa tenang dan nyaman dengan menjauhkan adanya gangguan dari masyarakat yang ramai ingin melihat. Tim juga menyelimuti si mamalia besar tersebut dengan kain/karpet basah sampai menunggu air pasang optimal.

Metode evakuasi paus yaitu dengan menarik paus ke arah tengah, saat air pasang optimal. Paus diikat dan ditarik dengan 2 jet ski dan dilepaskan sekitar 1 km dari tepi pantai lalu digiringan sampai 7 km dari tepi pantai, dan paus terpantau masih mampu berenang.

Dilansir dari Twitter Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sabtu (3/3/2018) masih belum diketahui pasti apa penyebab terdamparnya paus ini, namun diduga salah satu penyebabnya karena kondisi paus yang sakit, atau kehilangan jalur migrasinya lantaran kondisi laut yang berbeda.

Untuk diketahui, Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak merupakan salah satu jenis satwa liar yang memiliki status rentan berdasarkan Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani