• News

  • Lingkungan

Mengapa Ular Bisa Masuk ke Rumah Kita? Ini Sebabnya

Ilustrasi ular piton di dalam rumah.
Abcnet
Ilustrasi ular piton di dalam rumah.

JAKARTA, NNC - Siapa yang tidak tahu ular?. Reptil melata yang bagi sebagian orang dianggap menggelikan ini ternyata tidak bisa melihat dan mendengar. Hal tersebut diungkapkan oleh Pakar toksikologi dan bisa ular Dr dr Tri Maharani, MSi SpEM saat menjadi pembicara dalam forum mingguan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. 

Kata Dr Tri, karena buta dan tuli, ular memiliki kemampuan deteksi panas dan gerak lewat lidah. Melalui lidah, ular kemudian mampu mengetahui keadaan sekitarnya mengancam atau tidak. 

"Ular mengigit karena dia merasa terancam dengan hal bergerak di dekatnya. Jadi apabila ada ular, diam saja sehingga ular tidak merasa terancam," kata Dr Tri, Senin (30/4/2018).

Lebih lanjut Dr Tri juga menepis mitos yang menyatakan bahwa garam takut akan ular. Menurutnya, garam tidak bisa mengusir ular dan tetap bisa menerobos lingkungan yang bergaram. 

"Ada juga mitos bahwa belerang bisa usir ular, ijuk bisa usir ular. Itu tidak benar, belerang dan ijuk tak bisa usir ular," tegas Dr Tri. 

Lantas, mengapa ular bisa masuk ke rumah kita?. 

Kata Dr Tri, ular tidak akan masuk ke dalam rumah apabila tidak ada tikus. Sehingga bila rumah ada ada tikus, berarti ada potensi ular masuk ke rumah Anda. Pasalnya naluri ular adalah makan dan tikus merupakan salah satu makanan ular selain ayam dan katak yang kerap hidup pada kolam ikan yang ada di rumah.

Tidak sampai situ, Penasihat Gigitan Ular World Health Organization (WHO) ini juga menjelaskan bahwa ular merupakan hewan yang hidupnya menyendiri dan tidak bisa berkelompok, karena naluri ular hanyalah makan. 

"Jadi ada mitos, ular masuk ke dalam rumah untuk balas dendam, itu bukan. Ular masuk rumah hanya untuk cari makan. Jadi ular bisa diusir dengan tak buat makanannya di rumah," tukas Dr Tri.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli