• News

  • Nasional

Jokowi Akan Dianugerahi Gelar Bangsawan

Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri
istimewa
Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri

MAKASSAR, NETRALNEWS.COM  - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) akan dianugerahi gelar bangsawan dalam pertemuan Raja se-Nusantara di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), 26 Mare2016. Selain Jokowi, Presiden pertama RI Ir Soekarno juga akan mendapat gelar yang sama, namun akan diwakili Megawati Soekarnoputri.

Hal itu dikatakan panitia pertemuan Raja dan Sultan se-Nusantara yang juga Raja Tallo XIX Muh Akbar Amir Sultan Aliyah Daeng Manaba Karaeng Tanete Dulli Manggau, di Makassar, Minggu (13/3/2016).

Untuk diketahui, sebanyak 200 raja se Nusantara serta sejumlah Sultan dari Kerajaan Malaysia dan Brunei Darussalam dijadwalkan hadir dalam pertemuan Raja se-Nusantara di Makassar, Sulawesi Selatan 26 Maret 2016.

Selain agenda pertemuan 200 raja dan sultan nanti, Akbar menambahkan pihaknya akan memberikan penganugerahan gelar bangsawan kepada Presiden Joko Widodo serta mantan Presiden Soekarno diwakili anaknya Megawati Soekarnoputri.

"Sebagai perintis kemerdekaan di mana peran bersama para raja dan sultan se-Nusantara berfungsi sebagai pengendali kesatuan masyarakat hukum adat dan budaya termasuk mengembalikan marwah NKRI adalah salah satu dasar dewan adat ikut serta memperbaiki masalah bangsa," tambahnya.

Selain dihadiri Presiden Jokowi Megawati Soekarno Putri rombongan lainnya dijadwalkan hadir, yakni Kepala BNN, Kapolri, Panglima TNI, Ketua KPK, sejumlah Menteri, Gubernur Sulsel, Wali Kota Makassar dan tamu undangan lainnya.

Penanggung Jawab kegiatan tersebut Andi Djamal Kamaruddin Daeng Massiga menambahkan, pihaknya siap membantu dalam penyelesain masalah bangsa dengan menyiapkan 200 serdadu atau dalam bahasa adat disebut Tau Barani bertugas membatu aparat penegak hukum.

200 Serdadu

"Serdadu atau Tau Barani seusai dilantik akan bertugas membantu penegak hukum untuk tiga masalah bangsa tadi yang telah menggerogoti bangsa kita seperti perangi narkoba, korupsi dan terorisme," tambahnya.

Para tamu undangan termasuk Presiden dan rombongan rencananya akan disuguhkan makanan khas,  yakni ikan kering dan Pallu Mara (ikan masak bumbu) serta makanan khas lainnya sebagai bentuk sajian kesederhanan makanan berkearifan lokal budaya Indonesia, bertempat di hotel Grand Clarion Makassar.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antaranews.com