• News

  • Hankam

Polri Minta Masing-masing Pasangan Calon Jaga Keamanan Pasca Pilkada

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto.
Istimewa
Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto.

JAKARTA, NNC - Kepala Divisi (Kadiv) Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, hasil pilkada ini hanyalah awal dari pengabdian para pasangan calon untuk masing-masing daerah.

Untuk itu dirinya berharap, baik para calon yang menang maupun kalah bisa menjaga keamanan dan ketertiban.

"Karena Pilkada bukan akhir segalanya. Pilkada ini baru awal pengabdian bagi yang menang untuk daerahnya. Bukan karena menang terus selesai, nggak. Ini baru awal bagi mereka untuk mengabdi kepada bangsa dan negara di wilayahnya," kata Setyo di Mabes Polri, Jumat (29/6/2018).

Tak hanya pasangan calon, dirinya juga meminta para pendukung atau tim sukses calon juga bersikap sportif. Bagi yang kalah tidak melakukan hal yang melanggar hukum.

Apalagi, hingga menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat. Menurutnya, Indonesia adalah negara hukum.

Maka dari itu, bila ada yang tak sesuai dengan keinginan, masih ada upaya hukum yang bisa ditempuh.

"Kalau memang di satu wilayah itu terjadi suara yang tipis, ya silakan gunakan haknya ke MK. Jangan seperti di Lampung, atau Lahat yang Panwaslu-nya digeruduk kemudian ada polisi sampai dilempar batu segala macam," ujar dia.

"Kita kan negara hukum, semua ada aturannya. Kalau tidak sesuai dengan yang kita inginkan, masih ada upaya-upaya hukum, jangan main geruduk gitu, nanti kalau polisi bertindak tegas, salah," lanjutnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli