• News

  • Nasional

Banyak Hoaks Seputar Lion Air, Setyo: Stop Sampai Di Kamu Saja

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto
NNC/Martina Rosa
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto

JAKARTA, NNC - Banyak beredar informasi hoaks seputar jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di media sosial (medsos). Hoaks yang tersebar yakni berupa berbagai foto dan video yang diklaim sebagai dampak jatuhnya pesawat JT 610, padahal berbagai dokumentasi tersebut merupakan kecelakaan transportasi di waktu yang telah lampau.

Kepala Divisi Humas Polri Setyo Wasisto juga turut angkat bicara terkait banyak mencuatnya hoaks di medsos. Pihaknya mengklaim, menyebarkan kampanye 'Stop Sampai Disini dan Stop Sampai Di Kamu Saja'.

"Jadi ketika peroleh hoaks, sudahlah tidak usah disebarluaskan lagi. Harus empati, ini adalah musibah. Berempati pada korban, berempati pada keluarga," kata Setyo pada NNC baru-baru ini di Jakarta.

Setyo juga mengklaim, apabila pihaknya temukan informasi hoaks, maka informaai akan diberi cap "hoax" dan disebarluaskan kembali ke masyarakat melalui berbagai medsos. "Itu prosedur kita," sambung dia.

Untuk diketahui, berikut berbagai infomasi hoaks seputar pesawat JT 610 yang NNC rangkum:

1. Banyak postingan foto di media sosial bahwa ada bayi penumpang pesawat JT 610 yang selamat. Padahal foto bayi adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar, pada Selasa (3/7/2018). 

2. Di sosial media beredar sebuah foto di pinggir pantai yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT 610. Padahal foto tersebut adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada (13/4/2013).

3. Beredar dua foto penumpang menggunakan oksigen di dalam pesawat. Dipastikan, dua orang tersebut bukan penumpang pesawat JT 610. Padahal foto tersebut adalah kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu dan semua penumpang dan pesawat selamat.

4. Muncul pula video yang menunjukkan kegelisahan penumpang pesawat Lion Air JT 610. Padahal video merupakan keadaam penumpang pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta yang turbulensi dan semua penumpang selamat beberapa waktu yang lalu. Dipastikan pula tidak ada video/foto kondisi penumpang sebelum JT 610 jatuh.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wulandari Saptono