• News

  • Nasional

KNKT Sebut Mesin Masih Hidup dengan Kecepatan Tinggi saat di Jatuh di Air

KNKT sebut mesin masih hidup dengan kecepatan tinggi saat di air.
NNC/Tya
KNKT sebut mesin masih hidup dengan kecepatan tinggi saat di air.

JAKARTA, NNC - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) Soerjanto Tjahjono memberikan informasi terkait insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dihadapan para keluarga korban di Ballroom Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (05/11/2018).

Soerjanto mengatakan mesin pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat , masih menyala saat sudah berada di dalam air.

"Mesin masih hidup dan berputar dengan kecepatan tinggi saat di air dengan ditandai hilangnya turbin dan kompresor impact," kata Soerjanto di Konferensi Pers, Hotel Ibis , Cawang, Jakarta Timur.

Hal itu terlihat dari serpihan-serpihan pesawat Lion Air JT 610 itu yang tersebar dengan radius tidak lebih dari 500 meter tak lama setelah pesawat jatuh.

"Serpihan-serpihan ini sudah dalam bentuk kecil. Semua serpihan itu karena pesawat mengalami pecah saat bersentuhan dengan air, jika pecah di udara serpihannya akan terlihat hebat" kata Soerjanto

Sebelumnya acara konferensi pers di Hotel Ibis Cawang hari ini, dihadiri oleh para keluarga korban untuk mendapatkan penjelasan mengenai proses evakuasi dari sejumlah narasumber. Di antara mereka adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi, Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono, Kepala Pusdokkes Polri Brigjen Arthur Tampi, dan perwakilan Panglima TNI, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Penulis : Tya Sukmawati,
Editor : Sulha Handayani