• News

  • Nasional

Hari Ini, Presiden Hadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan di KPK
Setkab
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan di KPK

JAKARTA, NNC - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HARKODIA) 2018, Lembaga nati Korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan sejumlah kegitan.

Acara akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Informasi yang dihimpun media ini, bahwa kegiatan akan berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (4-5/12/2018) dengan mengambil tempat di ruang Birawa, Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

Pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) dengan tema Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik acara ini akan dilanjutkan penandatanganan komitmen 16 Partai Politik terkait implementasi sistem integritas parpol.

Acara tersebut mulai pukul 08.00 WIB yang secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo. Kegiatan dilanjutkan hingga pukul 13.00 WIB.

Adapun agenda lainnya adalah pelelangan barang hasil Rampasan Negara dan Gratifikasi pukul 14.00-17.00 WIB. Selain itu akan dilanjutkan dengan diskusi bbertema International Business Integrity Conference (IBIC).

Tema  yang diangkat dalam momen ini adalah "Count me in! Take action to Build businness integrity. Sesi ini akan berlangsung di ruang Binakarna pada pukul 14.00-16.00 WIB hingga selesai.

Selain diskusi dan pelelangan barang hasil rampasan negara, KPK juga menggelar Pameran Anti Korupsi bersama kementerian, lembaga, APH, BUMN, CSO, Lembaga Pendidikan, dan lainnya.

Diketahui, untuk memperingati hari Anti Korupsi Sedunia, 4 Desember tahun ini juga diselenggarakan diskusi dengan tema :" Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik di Indonesia dedngan sub tema Urgensi Sistem Integritas Partai Politik.

Diskusi sesi ini menghadirkan pembicara Agus Rahardjo, Ketua KPK, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo bersama Direktorat Jenderal Keuangan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan.

Sementara untuk Internasional Business Integrity Conference (IBIC), sesi ini akan dibahas soal Business Integrity in Global Initiatives and National Anticorruption Strategy. Sesi ini akan menghadirkan Ketua KPK, Menteri Dalam Negeri (Mendagri),Menteri PANRB, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

Selanjut di sesi ketiga mengangkat tema soal Anticorruption Measurement in Business. Diskusi sesi ini membahas tentang  Survey Transparency in Corporate Reporting, Lesson Learned). Pembicara di antaranya Board Member of Transparency International, Chief Compliance Officer Equinor ASA,,Universitas Gajah Mada (UGM), dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Wulandari Saptono