• News

  • Singkap Budaya

Pria Indonesia Ternyata Memiliki 7 Stereotip Karakter Keren

Parade pria Batak dengan mengenakan pakaian adat mereka
patainanews.com
Parade pria Batak dengan mengenakan pakaian adat mereka

JAKARTA, NNC - Indonesia terkenal dengan beragam suku dan beragam tradisi, adat istiadat, dan budaya. Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang memesona dengan pemandangan yang eksotis.

Ada daerah dengan keadaan geografis yang subur, tetapi ada juga yang kurang subur karena beriklim cukup kering dan curah hujan yang terbatas. Sebagian daerah berupa pegunungan dan daerah lainnya berupa pantai. Ada dataran tinggi, ada dataran rendah, dan sebagainya.

Keberagaman budaya dan keberagaman geografis itu menyebabkan penduduk Indonesia memiliki karakter yang berbeda-beda, baik kaum pria maupun wanita.

Sehingga, untuk menggeneralisasi karakter kaum pria maupun kaum wanita Indonesia secara keseluruhan, sebenarnya cukup sulit karena memang sangat beragam.

Namun, apabila dipaksa melakukan klasifikasi secara saksama, sebenarnya ada sejumlah kesamaan yang bisa membawa kita pada suatu kesimpulan. Dan klasifikasi dan identifikasi ini memang bersifat stereotip.

Namun demikian, penilaian itu dapat digunakan untuk membedakan dengan manusia dari bangsa dan negara lain. Maka, dalam kesempatan ini, NNC mencoba menyajikan karakter pria Indonesia yang ternyata memiliki stereotip keren dan khas.

1. Pekerja keras walau terkesan malas

Satu karakter atau sikap pria Indonesia yang menonjol adalah pekerja keras, walaupun terkesan santai, dan cenderung malas.

Dengan sikap ini, kita bisa melihatnya dari banyak pria Indonesia yang mau bekerja apa saja, tidak sulit bila diajak kerja lembur untuk menambah penghasilan. Banyak pria Indonesia juga mau membantu istri di rumah, menyapu, mencuci, dan sebagainya.

Untuk sifat dan karakter seperti ini, dari sejumlah penelitian, tidak semua ditemukan di negara lain. Di beberapa negara lain, kaum pria menempatkan diri sebagai feodal, di mana sang istri atau kaum perempuan dibiarkan dan harus mengurus segala pekerjaan rumah tanpa bantuan lelaki.

Dengan tipe seperti ini, pria Indonesia juga memiliki naluri ingin membantu orang lain melalui budaya gotong royong. Sifat individualistik agak sulit ditemukan pada diri kaum pria Indonesia.

2.  Terlihat pendiam meski terkadang menghanyutkan

Pria Indonesia memang memiliki sensitivitas yang tinggi. Ada kesan pria Indonesia cenderung pemalu. Meskipun ada pria yang memang pemberani dan banyak bicara, tetapi secara umum cenderung pendiam dan terkesan pemalu. 

Pria Indonesia memiliki kebiasaan tidak mau berbicara seenaknya tanpa memikirkan orang-orang di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh budaya kesantunan dan kesopanan yang dipegang teguh masyarakat Indonesia.

Sehingga, budaya santun itu membentuk karakter seperti itu. Tetapi perlu dicatat juga bahwa pria Indonesia juga bisa speak up dan take action kalau memang diperlukan.

3. Memiliki dunia yang khas Indonesia

Kultur Indonesia menjunjung tinggi prinsip kekeluargaan. Hal itu membuat kaum pria Indonesia Indonesia cepat menganggap orang-orang yang disayanginya sebagai bagian dari keluarga. Tidak heran kalau mereka cenderung open atau terbuka.

Itu dapat dilihat dari sikap senang bergaul dan senang ngobrol dengan sesama pria, baik di kedai kopi, ataupun di restoran. Mereka juga tidak ragu-ragu melibatkan sang pacar di acara keluarga, asalkan semua pihak merasa nyaman.

Dari situlah kita bisa lihat mengapa berkenalan dengan pria Indonesia akan terasa memiliki sebuah keluarga baru. Artinya, secara umum, pria Indonesia begitu familiar.

Intinya, pria Indonesia tergolong sayang keluarga. Karena itu, agak jarang terdengar pria Indonesia konflik dengan mertua, meskipun ada juga pria Indonesia yang berkonflik dengan mertua dan saudara besarnya.

4. Penampilannya unik dan karismatik

Pria Indonesia tidak kalah keren dengan pria dari negara manapun. Bahkan, pria Indonesia yang berkulit sawo matang dengan warna rambut dan mata gelap, memiliki karisma tersendiri.

Walaupun tidakmemiliki mata biru dan tinggi badanya relatif lebih pendek dari orang Eropa, bukan berarti penampilan pria Indonesia tidak eye-catching.  Justru di balik kesan sederhana dan gaya kasual, pria Indonsia  makin kelihatan gagah dan berkarisma.

5. Punya hobi yang tidak biasa

Pria-pria Indonesia selalu memiliki hobi yang kreatif dan unik. Sebut saja misalnya komunitas pria yang hobi memodifikasi motor jadul, memiliki koleksi kaset pita suara, komunitas pecinta batu akik, komunitas pengguna KRL, dan sebagainya.

Tidak jarang pria Indonesia memanfaatkan hobinya untuk menambah penghasilan keluarga atau diri sendiri. Di sini, kreatifitas pria Indonesia sebenarnya cukup menonjol..

6. Ada yang keras tetapi sebenarnya lembut

Pria yang tinggal di daerah beriklim kering atau curah hujan terbatas, cenderung memiliki budaya lebih keras dibanding yang tinggal di daerah lain. Bahkan ada yang terlihat kasar dan sangar. Namun, sebenarnya hati mereka lembut.

Misalnya, pria-pria dari Suku Batak. Bila sedang ngobrol, terdengar seperti sedang bertengkar, padahal bukan. Dan itu justru menujukkan keakraban mereka. Mereka sedang membicarakan sesuatu hal yang serius, seolah sedang marah-marah.

Jadi, sisi lain dari penampilannya yang terkadang keras, hati pria Indonesia sebenarnya sangat lembut. Pria Indonesia  memiliki sikap empati yang tinggi dan peduli pada orang lain di sekelilingnya.

 7. Tidak pelit tetapi kadang penuh perhitungan

Bila hendak melakukan sesuatu, pria Indonesia selalu mempertimbangkan dengan cukup matang. Misalnya soal keuangan. Pria Indonesia akan memperhitungkan secara cermat terhadap pendapatan dan berapa yang harus dikeluarkan untuk biaya hidup.

Meski kadar njlimetnya perhitungan tidak sama antara pria yang satu dengan pria lainnya, tetapi kebanyakan pria Indonesia cukup mahir dalam mengelola keuangan.

Bahkan, di saat tertentu, pria Indonesia rela setiap hari masak sendiri dibandingkan membeli, meskipun di sekelilingnya banyak warung murah.

Jadi, pria Indonesia cukup terkenal bisa masak. Semua itu karena ada keinginan untuk hidup hemat, dan penuh perhitungan.

Namun di saat lain, pria Indonesia tak akan pelit bahkan bisa royal saat berkumpul dengan kerabat atau teman dekatnya.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Taat Ujianto
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?