• News

  • Lingkungan

Gempa M 4,6 Guncang Pangandaran

Gempa M 4,6 guncang Pangandaran.
BMKG
Gempa M 4,6 guncang Pangandaran.

TANGERANG, NNC - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pada Kamis (7/3/2019), wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Gempa terjadi pada pukul 15:43:43 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan Magnitute 4.6 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 8.3 LS - 108.63 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 68 Km BaratDaya KAB-PANGANDARAN-JABAR dengan kedalaman 81 Kilometer.

Plt Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang
Drs Yusuf Supriyadi melaporkan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Menengah akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Kabupaten Pangandaran dengan Skala Intensitas I - II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," kata Yusuf, seperti dalam keterangan tertulis yang NNC terima, Kamis (7/3/2019).

Hingga laporan ini dibuat pukul 16:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

BMKG juga imbau masyarakat memastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id).

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?