• News

  • Politik

LSI: Jokowi-Maruf Menang karena Suara Wong Cilik, Minoritas, dan Muslim

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Maruf Amin.
Istimewa
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Maruf Amin.

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) menyatakan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin memenangi Pilpres 2019. Hasil survei exit poll yang dirilis LSI sejak pukul 15.00 WIB tadi menunjukkan pasangan Jokowi-Maruf meraih 56,4% suara.

Menurut Denny JA, Jokowi-Maruf meraih kemenangan lantaran memenangi suara dari tiga segmen besar.

"Kemenangan Jokowi - Maruf didapat karena mereka memenangi suara dari tiga segmen besar, yakni minoritas, wong cilik (masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 2 juta per bulan), dan Muslim," kata Denny JA pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Rabu (17/4/2019) sore.

Sebagai informasi, metode exit poll tidak sama dengan quick count atau hitung cepat. Quick count mendasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Sementara exit poll dasarnya adalah wawancara dengan pemilih yang telah memberikan suara di TPS.

LSI menggunakan teknik sampel acak bertingkat untuk penarikan sampel. Sedangkan mereka memiliki 8.000 responden yang tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di Indonesia.

Sementara itu, dari survei exit poll LSI, pasangan pesaing Jokowi-Maruf, Prabowo – Sandiaga hanya mendapatkan 43,6 persen suara.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli