• News

  • Politik

Polri: Kamtibmas di Seluruh Indonesia saat Pemungutan Suara Secara Umum Kondusif

Kamtibmas selama penghitungan suara berjalan kondusif.
Jabareskpres
Kamtibmas selama penghitungan suara berjalan kondusif.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Secara umum situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di seluruh Indonesia selama berlangsungnya pemungutan suara cukup kondusif.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan keamanan secara  menyeluruh saat berlangsung pemungutan suara kondusif.

"Bisa disimpulkan situasi kamtibmas seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua, cukup kondusif," kata Brigjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Lebih lanjut Dedi menyebutkan berdasarkan informasi ada dua provinsi yang pemungutan suaranya ditunda.

"Kejadian menonjol terjadi di Papua dan Sulawesi Tengah, di mana di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di dua daerah tersebut terjadi penundaan pelaksanaan pemungutan suara," ujarnya.
 
Dedi menjelaskan selain itu ada juga keterlambatan pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Banggai, Sulteng.

"Ada beberapa kejadian penundaan pelaksanaan Pemilu di Papua, sudah dikoordinasikan antara KPU dan aparat setempat. Hari ini diupayakan tetap dilaksanakan (pemungutan suara). Juga ada beberapa keterlambatan pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Banggai, Sulteng, karena keterlambatan pelipatan surat suara oleh staf KPU. Juga diupayakan tetap dilaksanakan (pemungutan suara)," tuturnya.

Pemungutan suara Pemilu 2019 dilaksanakan di seluruh Indonesia pada Rabu 17 April 2019. Pada Pemilu kali ini para pemilih memilih pasangan presiden-wakil presiden, anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota dan DPD.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani