• News

Hasil Hitung Cepat Charta Politica, PDIP Raup Suara Terbanyak di Pileg 2019

Hasil hitung cepat Charta Politica, PDIP raup suara terbanyak di Pileg 2019.
PDIP
Hasil hitung cepat Charta Politica, PDIP raup suara terbanyak di Pileg 2019.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Hasil survei quick count Charta Politica menyebut bahwa partai pemenang pemilu 2019 adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Menurut Yuniarto Wijaya, pihaknya memperkirakan PDIP meraup suara 20,43 persen. Demikian dilansir dari Talk Show Mata Najwa yang disiarkan Trans 7, Rabu (17/4/2019) malam.

Menurut pria yang akrab disapa Toto ini, kemenangan PDIP tidak mengejutkan. Pasalnya hasil itu sudah sesuai perkiraan karena coat tail effect yang sering dibahas terkait bagaimana pertarungan pertama kali pileg dan pilpres digabung maka akan ada partai yang diuntungkan. Dan PDIP mendapat keuntungan karena memiliki Calon Presiden dari partainya.

“Dan PDIP karena Jokowi surveinya tinggi di pileg kali ini, maka mereka bisa menduduki nomor satu,” kata Toto.

Namun, yang menarik dari hasil survei Charta adalah partai yang menduduki posisi kedua dan ketiga. Meski Gerindra juga sudah diprediksi akan mendapatkan coat tail effect dari pencalonan Prabowo dan Sandiaga Uno, namun raihan suaranya yang mencapai 13,41% agak mepet dengan peringkat ketiga, Golkar.

Menurut Toto, secara margin of error sebetulnya angka ini masih di atas, tapi karena data baru masuk 66,75 persen, maka peringkat kedua dan ketiga belum bisa disimpulkan. Walau begitu, menurut Toto, Golkar punya peluang untuk meraih kursi lebih banyak dari Gerindra.

“Sebetulnya sudah bisa ditebak karena Golkar ini kan partai yang punya infrastruktur walaupun brand nya dalam konteks coat tail effect tidak sebagus Gerindra dan PDIP tapi karena tokoh-tokoh lokalnya, ada kemungkinan Golkar ini perolehan kursinya akan lebih baik dibandingkan Gerindra,” katanya. 

Peringkat 4, 5, 6, dan 7 juga menarik. PKS sangat mengejutkan karena bisa menduduki peringkat keempat. Angka yang diraih PKS berimbang dengan PKB 9,16 dan 9,13 persen. Kedua partai berebut peringkat keempat.

Dari hasil hitug cepat ini, Charta Politica berkesimpulan akank ada 9 atau 10 partai yang lolos ambang batas parlemen. Sementara untuk partai baru walaupun masih harus menunggu seluruh data masuk, namun sepertinya tidak mudah buat mereka menembus ET.

Hasil Hitug Cepat Charta Politica untuk Pileg 2019

1.       PDIP 20,43%
2.       Gerindra 13,41%
3.       Golkar 11,14%
4.       PKS 9,16%
5.       PKB 9,13%
6.       Nasdem 7,5%
7.       Demokrat 7,5 %
8.       PAN 6,79%
9.       PPP 4,75%

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani