• News

  • Politik

Seperti di Pilpres 2014, Prabowo Sujud Syukur Usai Klaim Kemenangan

Prabowo menggelar konferensi pers di depan kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019) malam.
NNC/Adiel Manafe
Prabowo menggelar konferensi pers di depan kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019) malam.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengklaim memenangkan Pilpres 2019  berdasarkan real count yang dilakukan internal kubu paslon 02 itu.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato politik di hadapan ratusan pendukung 02 yang memenuhi kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019) malam. 

"Saya hanya ingin menberikan update bahwa berdasarkan real  kita kita sudah berada di posisi 62 persen. Ini adalah hasil real count," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini menambahkan, data real count diambil dari 320 lebih tempat pemungutan suara (TPS) atau sekitar 40 persen TPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Karenanya, ia kembali menegaskan bahwa mereka sudah menang atas paslon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Apalagi setelah diyakinkan oleh ahli-ahli statistik.

"Dalam posisi lebih dari 320 ribu TPS. Berarti sekitar 40 persen. Dan saya sudah diyakinkan oleh ahli-ahli statistik bahwa ini tidak akan berubah banyak. Bisa naik 1 persen, bisa juga turun 1 persen. Tapi detik ini, hari ini, kita berada 62 persen," ujarnya.

Apa yang disampaikan mantan Danjen Kopassus itu disambut histeria para pendukung. Mereka meneriakkan 'Prabowo Presiden' dan mengumandangkan yel-yel 'Naik, naik, Prabowo-Sandi, turun, turun Jokowi' secara bersamaan.

Sementara di akhir pidatonya, Prabowo memekikkan takbir. "Allahuakbar, Allahuakbar, merdeka!" seru Prabowo disambut pekikan yang sama dari para pendukung.

Usai memekikkan takbir, Prabowo langsung sujud syukur di atas panggung tempat dia menyampaikan pidato politik. Usai sujud syukur, Prabowo diarak-arak oleh relawan dan simpatisan ke dalam kediamannya.

Momen sujud syukur yang dilakukan Prabowo ini tak ubahnya seperti yang pernah dia lakukan di Pilpres 2014 lalu.

Saat itu, Prabowo dan wakilnya, cawpres Hatta Rajasa beserta tim pemenangan mereka sujud syukur di rumah mendiang ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo.

Sujud syukur dilakukan karena mereka merasa sudah menang dalam pemilu presiden berdasarkan hasil hitung cepat yang dipublikasikan beberapa lembaga survei. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli