• News

  • Lingkungan

Gempa Magnitute 5,3 Guncang Jayapura

Ilustrasi gempabumi.
Istimewa
Ilustrasi gempabumi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono melaporkan, Hari Minggu, 9 Juni 2019, pukul 18.53.55 WIB, wilayah Kabupaten Jayapura diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,3. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,7 LS dan 139,67 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 90 km arah barat Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua pada kedalaman 42 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif Mamberamo Thrust Belt," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Jayapura ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanism pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?