• News

  • Nasional

Pansel Capin KPK Temui Jaksa Agung, Ini yang Dibahas

Ketua Tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Periode 2019-2023, Yenti Ganarsih
dok.netz
Ketua Tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Periode 2019-2023, Yenti Ganarsih

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jaksa Agung M Prasetyo menerima kunjungan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capin) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pansel menemui Jaksa Agung untuk meminta bantuan agar menelusuri rekam jejak para calon pimpinan KPK yang telah mendaftarkan diri pada 17 Juni-4 Juli 2019 nanti.

Ketua Tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Periode 2019-2023, Yenti Ganarsih, mengatakan bahwa penelusuran rekam jejak seluruh calon pimpinan KPK tersebut sangat penting.

"Dengan adanya penelusuran rekam jejak calon pimpinan sehingga Panitia Seleksi bisa mendeteksi calon tersebut memiliki permasalahan hukum atau tidak di masa lalunya," ujar Yenti di Jakarta Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut Yenti menyebutkan selain minta Kejagung untuk menelusuri rekam jejak Capin, Pansel juga minta bantuan Polri dan PPATK.
 
"Jadi mentracking para calon pimpinan KPK ini cukup penting ya. Kami tidak hanya meminta Kejaksaan untuk membantu menelusuri hal itu, tetapi juga Polri dan PPATK agar kami bisa dapat calon pimpinan KPK yang bersih," tuturnya, .
 
Yenti juga menjelaskan komposisi calon pimpinan KPK nanti harus berasal dari unsur pemerintah dan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang KPK. Dua unsur tersebut, menurutnya harus dipenuhi, karena jika tidak maka fungsi koordinasi supervisi akan sulit di kemudian hari.
 
"Undang-Undang mengatakan bahwa komisioner KPK itu terdiri dari unsur Pemerintah dan Masyarakat juga. Kalau tidak ada unsur pemerintah, maka kita salah di situ," katanya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?