• News

  • Lingkungan

Bamus Betawi Tawarkan Inovasi Penggunaan Plastik Ramah Lingkungan

Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar rapat kerja (raker) ke-II
Netralnews/Wahyu Praditya
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar rapat kerja (raker) ke-II

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar rapat kerja (raker) ke-II di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (14/7/2019). Dalam raker ini sejumlah gagasan dirumuskan, salah satunya penggunaan plastik ramah lingkungan.

"Raker Bamus ke 2, insya Allah dapat membuahkan gagasan dan inovasi yang sudah direncanakan sebelumnya. Kita ingin teguhkan seluruhnya agar menjadi sumbangsih pemikiran bagi masyarakat Jakarta, salah satunya penggunaan plastik ramah lingkungan," kata Ketua Umum Bamus Betawi, Abraham Lulung Lunggana.

Menurut Politisi PAN itu, plastik biasanya terurai tanah dalam seribu tahun lebih. Namun, plastik yang akan ditawarkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta oleh Bamus Betawi merupakan plastik yang bisa terurai dalam dua tahun saja.

"Saya ingin Bamus menjadi mitra kerja Pemprov DKI Jakarta untuk menjalankan program pembangunan di Jakarta. Cita-vita orang Betawi itu punya tujuan dan masa depan yang lebih baik. Melalui raker ini, kita programkan inovasi untuk kita jalankan," ujar pria yang akrab disapa Haji Lulung.

Dirinya mengatakan, raker merupakan implementasi hasil musyawarah besar Bamus Betawi sebelumnya. Selain sebagai sarana silaturahim, raker itu pun menjadi tempat untuk bertukar gagasan dan program yang akan dijalankan ke depannya.

"Yang pertama masalah pendidikan, kedua pembentukan laskar adat Betawi. Laskar ini organisasi yang kita cetuskan di mubes waktu itu dan laskar ini akan menjaga seluruh keutuhan NKRI. Laskar adat Betawi ini salah satu mitra kerja penegak hukum, pihak kepolisian, kejaksaan, maupun tentara. Nanti kita audiensi dengan Muspida," ungkapnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli