• News

  • Nasional

Festival Budaya Manggarai, Tari Caci Jadi Pusat Perhatian

 Perempuan Manggarai (KPM) menggelar Festival Budaya Manggarai (FBM) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).
Netralnews/Adiel Manafe
Perempuan Manggarai (KPM) menggelar Festival Budaya Manggarai (FBM) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, Perempuan Manggarai (KPM) menggelar Festival Budaya Manggarai (FBM) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019). 

Acara FBM menyajikan berbagai kearifan lokal dari Manggarai seperti pentas budaya, makanan lokal Manggarai, hingga tenunan adat daerah tersebut. 

Salah satu acara pamungkas di FBM adalah pentas Tari Caci. Tarian rakyat ini memperlihatkan para laki-laki Manggarai bertarung dengan cambuk dan perisai. 

Para penari yang bersenjatakan cambuk atau pecut bertindak sebagai penyerang dan seorang lainnya bertahan dengan menggunakan perisai (tameng). 

Dalam Tari caci kali ini mempertemukan tamu undangan (meka landang) Keluarga Besar Ikatan Keluarga Manggarai Kebun Jeruk (IKMKJ) dan tuan rumah sanggar Ca Nai Kalimalang. 

Tarian tersebut diawali dengan Danding (tarian pembuka) dari tuan rumah, menyusul tamu undangan (meka landang). 

Kemudian sesi paki reis (pukulan kehormatan) sebagai tanda dimulainya Tarian Caci. Sesi ini melibatkan Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate, Kepala Badan Perwakilan NTT Jakarta, Viktor Manek, Uskup Datus Hilarion Lega dari Keusukupan Manokwari-Sorong, Direktur Humas OJK, Hari Tangguh dan Robby Fathir Nashar. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa sesepuh dari Manggarai dan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi di bidang intelijen, Gregorius 'Goris' Mere. 

Sebagai acara pamungkas, tarian yang mengandung makna kejantanan, keperkasaan dan sportivitas ini mencuri perhatian pengunjung di TMII. Terbukti, ribuan pengunjung memenuhi Anjungan NTT untuk menyaksikan pentas Tari Caci. 

Ketua Ikatan Keluarga Manggarai Jakarta (IKAMADA), Vincentius Siboe dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada KPM yang telah menggelar Festival Budaya Manggarai dan menyita perhatian mmasyarakat. 

"Kalau menurut saya, kalau kita tidak berani melakukan sesuatu, kita tidak akan memperoleh kemenangan. Kalau kita tidak berani bertempur, kita tidak akan menang. Dan sekarang KPM Menang. Sudah bisa bikin hadir banyak orang," ujar Vincentius.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian