• News

  • Peristiwa

Sakit Perut, Ternyata Ribuan Batu Bersarang di Perut Wanita Ini

 Sakit perut, ternyata ribuan batu bersarang di perut perempuan.
Daily Mail
Sakit perut, ternyata ribuan batu bersarang di perut perempuan.

NONG KHAI, NETRALNEWS.COM - Dokter di Thailand terkejut karena menemukan hampir 2.000 batu di perut seorang wanita yang mengeluh sakit perut. Dia lantas mengalami konstipasi dan perutnya terasa kencang.

Petugas medis di Nong Khai, di perbatasan Laos melakukan pemindaian dan menemukan ratusan batu di dalam kantong empedunya. Dokter tidak yakin persis berapa banyak yang ada di dalam perut wanita itu sampai mereka mengeluarkannya.

Setelah melakukan prosedur medis selama 40 menit, tim medis menghitung batu-batu tersebut. Tim mengklaim telah mengangkat 1.898 benjolan, yang semuanya berukuran berbeda.

Angka tersebut bukanlah jumlah rekor dunia. Pada tahun 1987, ahli bedah di Sussex mengeluarkan 23.530 batu empedu dari perut wanita berusia 85 tahun.

Untuk prosedur operasi, mereka menggunakan laparoskop, tabung panjang dan tipis dengan kamera kecil untuk melihat ke dalam perutnya dan menemukan batu empedu.

Direktur Rumah Sakit, Wattana Pareesri mengklaim bahwa mereka belum pernah menemukan batu empedu sebanyak ini sebelumnya.

"Pemeriksaan mengungkapkan bahwa dia mengalami batu empedu. Batu empedu dapat disebabkan oleh kelebihan kolesterol dalam sistem dan batu-batu ini dapat menyebabkan banyak gejala serius," kata dia, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (23/8/2019).

Untuk diketahui, batu empedu adalah gumpalan yang terbentuk di kantong empedu. Di Inggris, satu dari 10 orang dewasa bahkan memiliki kondisi tersebut dan mempengaruhi sekitar 15 persen orang di AS.

Batu empedu dapat menyerupai butiran pasir atau kerikil besar. Mereka terbentuk dari bahan kimia dalam empedu dan dapat terdiri dari hanya kolesterol, campuran kalsium dan pigmen dari sel darah merah, atau kombinasi keduanya.

Batu empedu telah dikaitkan dengan diet kolesterol tinggi, serta kerusakan hati dan puasa. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki batu empedu.

Gejala yang paling umum adalah sakit perut, yang bisa bertahan hingga delapan jam dan parah. Rasa sakit terjadi karena kantong empedu berusaha mengeluarkan batu. Jika batu empedu telah ditemukan melalui scan untuk sesuatu yang lain dan tidak menyebabkan gejala, mereka seringkali dibiarkan tanpa perawatan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani