• News

  • Bisnis

Menkeu Minta Pelaku Pasar Waspadai Gejolak Akibat Perang Dagang AS-Tiongkok

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Setkab
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan pelaku pasar mewaspadai gejolak global yang masih berlangsung, seperti perang dagang Amerika dan Tiongkok. Meski, kata dia, secara fundamental Indonesia cukup bagus namun gelombang terpaan eksternal tetap mengancam khususnya pasar modal.

Hal itu disampaikan olen Sri Mulyani dalam event Capital Market Summit & Expo ( CMSE ) 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (23/8/2019), kondisi eksternal yang demikian membuat para penentu ekonomi kebijakan di dunia termasuk di Indonesia harus mencari langkah untuk meminimalisasi dampak buruknya.

Sebagai contoh, International Monetery Fund (IMF) dan Bank Dunia yang merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

"IMF merevisi proyeksi ekonomi dunia, tadinya 3,7 persen kemudian turun jadi 3,5 persen dan akhirnya terakhir 3,2 persen. Bank Dunia juga sama, tidak hanya growth global melemah, ini akibat persaingan internasional antara negara besar," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengingatkan semua pihak untuk tidak menyepelekan kondisi internal, apalagi di dalam negeri juga banyak masalah yang terkadang menganggu. Pemerintah, tegasnya, bersama dengan pihak terkait lainnya harus bersama-sama menghadapi masalah eksternal dan internal tersebut agar momentum pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan arah positif dapat terus berlanjut.

"Fokus pemerintah hari ini memusatkan kebijakan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga Indonesia bisa menghindari diri dari middle income trap (jebakan negara berpendapatan menengah) dan memperbaiki fundamental ekonomi terutama dari sisi produktivitas dan daya saing," pungkas Sri Mulyani

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan.H.P