• News

  • Peristiwa

Muncul Tanpa Gejala, Perut Wanita Ini Membesar Jadi 25Kg

 Muncul tanpa gejala, perut wanita ini membesar jadi 25 kg.
Daily Mail
Muncul tanpa gejala, perut wanita ini membesar jadi 25 kg.

RUSIA, NETRALNEWS.COM - Ahli bedah di Rusia menghilangkan tumor seukuran bola pantai dengan berat 25kg yang bersarang di ovarium seorang wanita. Wanita tersebut berusia 59 tahun dan akhirnya pergi ke rumah sakit karena kesulitan bernafas.

Pada penyelidikan lebih lanjut, dokter menemukan tumor besar tumbuh di perutnya dan langsung membawanya ke ruang operasi, serta mengangkatnya.

Dmitry Aryutin yang memimpin operasi mengambil potongan-potongan jaringan terakhir yang menghubungkannya dengan daging. Tumor lantas diangkat dengan kedua tangan dan dimaksukkan ke dalam tong.

Dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (28/8/2019), tumor ovarium dapat tumbuh besar karena mereka sering tidak menimbulkan gejala. Menurut Departemen Onkologi Ginekologi di University of Colorado, pada beberapa wanita, tumor ini sangat tidak terdeteksi sehingga pada akhirnya tumbuh cukup besar untuk menyebabkan ketidaknyamanan panggul atau perut dengan organ-organ yang saling terdesak.

Beberapa pasien mungkin hanya melihat ada sesuatu yang salah ketika pertumbuhan menjadi cukup besar untuk menekan kandung kemih atau ginjal mereka. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil atau menyebabkan rasa sakit di perut atau punggung bagian bawah. Bahkan pasien mungkin masih menunda mendapatkan bantuan medis.

Staf di Rumah Sakit Klinik Kota Moskow mengatakan, tumor besar muncul akibat seringkali keterlambatan dalam mencari bantuan medis dan pengabaian kesehatan pasien.

"Tumor semacam itu menekan usus, perut, dan diafragma, menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit, tetapi pasien percaya bahwa semuanya akan hilang dengan sendirinya," kata staf.

Pembedahan yang dilakukan Aryutin sukses dan pasien dikatakan sembuh setelah prosedur dramatis. Meski besar, tumor wanita itu bahkan tidak mendekati yang terbesar dalam catatan.

Dokter di Connecticut, misalnya, tahun lalu menghilangkan pertumbuhan ovarium dengan berat 60 kg dari seorang pasien berusia 38 tahun.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani