• News

  • Peristiwa

Tiongkok Kembali Tolak Permintaan Kapal Perang AS Kunjungi Pelabuhan Qingdao

Kapal Perang AS
Navalcook
Kapal Perang AS

WASHINGTON, NETRALNEWS.COM - Di tengah ketegangan hubungan dengan Amerika Serikat, Tiongkok dengan tegas menolak permintaan kapal perang Angkatan Laut AS untuk mengunjungi Pelabuhan Qingdao dalam beberapa hari terakhir ini, kata seorang pejabat pertahanan AS kepada Reuters, Selasa (27/8/2019).

Penolakan Tiongkok atas pemintaan AS tersebut setidaknya adalah untuk kali kedua bulan ini, setelah sebelumnya juga menolak permintaan dua kapal Angkatan Laut AS untuk mengunjungi Hong Kong ketika krisis politik di kota bekas jajahan Inggris itu semakin memburuk.

Pejabat pertahanan, yang berbicara dengan syarat tidak diungkapkan identitasnya, mengatakan kapal perusak itu seharusnya berkunjung pada Minggu, tetapi pihak Tiongkok menolak permintaan itu sebelumnya.

"Kapal perang militer AS sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Tiongkok, yang paling baru pada 2017. Terakhir kali kapal Angkatan Laut AS mengunjungi Qingdao adalah kapal perusak Benfold pada 2016," kata pejabat pertahanan itu. 

Pejabat itu ingin mengajukan pertanyaan ke Beijing tentang mengapa permintaan mereka ditolak. Namun, Kementerian Pertahanan Tiongkok belum menanggapi permintaan komentar.

Perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia itu telah merusak pertumbuhan global dan meningkatkan kekhawatiran pasar bahwa ekonomi dunia dapat berujung pada resesi.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump pada Senin (26/8/2019)  menyampaikan harapannya bahwa kesepakatan untuk menurunkan perang tarif bisa segera dicapai.

Editor : Nazaruli