• News

  • Bisnis

Gejolak Ekonomi Global, BI Ungkap Alasan Mengapa Investor Ramai-ramai Memburu Emas

Ilustrasi emas batangan.
Financial Tribune
Ilustrasi emas batangan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan bahwa akibat perang dagang di pasar global, para investor semakin memburu emas sebagai target investasi yang aman.

Menurut dia, perang dagang yang terjadi antara Tiongkok dan AS membuat gejolak ekonomi global tidak memberikan banyak pilihan kepada para investor dalam menanamkan investasi.

"Emas masih dianggap investasi yang aman oleh para investor," kata Destry Damayanti di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Aset tersebut dianggapnya masih memiliki risiko yang paling kecil, ketika banyak ketidakpastian di pasar global.

Ia menyebutkan banyak negara yang telah menurunkan suku bunga, tidak terkecuali Indonesia yang turut menurunkan suku bunga acuan. Demikian seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, ia mengingatkan bahwa BI telah menurunkan suku bunga acuan juga sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen, Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan tiga alasan terkait penurunan suku bunga acuan tersebut,

"Rendahnya perkiraan inflasi hingga tahun 2020, menjadi salah satu alasan turunnya suku bunga acuan," kata Perry Warjiyo.

Kedua, adalah ada unsur kepercayaan bahwa imbal dari hasil investasi masih akan menarik meski pun suku bunga acuan BI turun. Terakhir adalah, untuk meningkatkan penyaluran kredit oleh pihak perbankan di mana diharapkan bisa mendorong percepatan perekonomian nasional.

Editor : Irawan.H.P