• News

  • Bisnis

BUMDes Garam Bulucindea dan Bawang Goreng Kolai Mangmesa Berhasil Sejahterakan Desa

Aktifitas petani garam Desa Bulucindea, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.
Kemendes
Aktifitas petani garam Desa Bulucindea, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT) paparkan dua Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) yang berhasil sejahterakan desa.

BUMDes pertama adalah BUMDes Kolai Mangmesa yang kembangkan kripik bawang goreng sebagai produk unggulan desa. Selain mengembangkan produk hasil pertanian, BUMDes Kolai Mangmesa juga memiliki 3 unit usaha lain. Diantaranya penyewaan tenda, penyedian TV kabel dan sewa molen beton.

Sampai saat ini lewat unit usaha yang dikelola, BUMDes Kolai Mangmesa telah mampu memberikan Pendapatan Asli Desa sebesar Rp 20 juta dan mampu meberikan lapangan pekerjaan bagi warga Desa Kolai, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kemendes PDTT juga sampaikan aktifitas petani garam Desa Bulucindea, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan telah ditetapkan menjadi sentra niaga garam kesepuluh di Indonesia, dengan Desa Bulucindea sebagai salah satu daerah penghasil garam terbesar.

Pemerintah Desa lewat BUMDes Maju Mandiri terus mengembangkan serta terus membantu memasarkan produk garam Desa Bulucindea. Selain mengolah menjadi garam yodium untuk konsumsi, warga Desa bulucindea juga mengolah garam menjadi beberapa produk lain seperti, garam spa dan garam untuk kebutuhan industri.

Aktifitas petani garam Desa Bulucindea, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan telah ditetapkan menjadi sentra niaga garam kesepuluh di Indonesia, dengan Desa Bulucindea sebagai salah satu daerah penghasil garam terbesar.

Pemerintah Desa lewat BUMDes Amanah Mandiri terus mengembangkan serta terus membantu memasarkan produk garam Desa Bulucindea. Selain mengolah menjadi garam yodium untuk konsumsi, warga Desa bulucindea juga mengolah garam menjadi beberapa produk lain seperti, garam spa dan garam untuk kebutuhan industri.

Demikian keterangan tertulis yang Netralnews terima dari Humas Kemendes PDTT, Rabu (4/9/2019).

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian