• News

  • Peristiwa

YLKI Kritik Keras Sikap Menpora Dukung Audisi Sponsor Djarum

Audisi PB Djarum
dok.Istimewa
Audisi PB Djarum

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengritik keras sikap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang mendukung Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis dengan sponsor PB Djarum.

Pernyataan ini disampaikan Tulus, pasalnya YLKI memberikan endorsmen terhadap langkah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Yayasan Lentera Anak Indonesia (LAI). Dijelaskan Tulus, yang diminta KPAI dan LAI adalah bukan menghentikan audisinya, tetapi audisi yang tidak melibatkan logo merek rokok, dalam hal ini Djarum.

"YLKI mengritik keras sikap Menpora yang justru mendukung audisi tersebut dengan sponsor PB Djarum," tegas Tulus, Senin (9/9/2019).

Menurut YLKI, penggunaan logo tersebut selain tidak pantas juga melanggar regulasi yang ada, yakni PP Nomor 109/2012. Apa pun alasannya, logo tersebut adalah brand image bahwa produk tersebut adalah rokok, walau berkedok foundation.

Menurut Tulus, di dalam praktik olah raga di level internasional, termasuk di dalam bulu tangkis, adalah terlarang melibatkan industri rokok, dalam bentuk apapun.

"Sekali lagi, audisi untuk mencari bibit unggul di bidang bulu tangkis adalah hal yang sangat positif dan patut diendors. Namun melibatkan industri rokok dan apalagi anak anak sebagai obyeknya adalah tidak pantas dan melanggar regulasi," jelas Tulus.

Untuk diketahui, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menyampaikan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis akan tetap berjalan sampai final di Kudus nanti. Namun, ini akan menjadi tahun terakhir Audisi Umum.

Pernyataan tersebut disampaikan saat Konferensi Pers Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019 di Kota Purwokerto. Konferensi Pers tersebut turut dihadiri oleh para legenda bulutangkis Indonesia.

Yoppy juga menyampaikan terima kasih kepada peserta, orang tua, pelatih, klub, PBSI, dan segenap media yang telah bersama sejak 2006 hingga 2019 demi mendukung atlet muda dalam mewujudkan cita-citanya mengharumkan Indonesia di pentas dunia.

Mengetahui hal tersebut, Menpora angkat bicara. Menurutnya, Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis harus terus berjalan karena baginya tidak ada unsur eksploitasi anak.

"Bahkan audisi Djarum sudah melahirkan juara dunia. Lagipula olahraga itu butuh dukungan sponsor. Ayo lanjutkan," kata Menpora.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya