• News

  • Nasional

Mahfud Sebut Ada Profesor Pernah Hina Habibie, Netizen Singgung Amien Rais

Presiden ke-3 BJ Habibie
dok.Istimewa
Presiden ke-3 BJ Habibie

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)  Mahfud MD mengungkapkan, BJ pernah dihujat lawan politiknya di awal ia menjadi Presiden ke-3 pada 2008 silam.

"Di awal jadi Presiden Habibie dihujat oleh lawan-lawan politiknya," tulis Mahfud di akun Twitter-nya, Minggu (15/9/2019).

Mahfud juga membeberkan jika saat itu ada seorang profesor yang juga menghina Habibie. Namun, lanjutnya, Habibie tak peduli dengan semua hinaan itu.

"Ada Profesor (sekarang masih hidup) membawa gambar kelapa yang dibelah sehingga tampak kosong sambil bilang "kepala Habibie tak ada otaknya, seperti ini". Tapi Habibie jalan terus, tak peduli hinaan, mengikuti "isy kariem wa muttu syahied," katanya.

Apa yang disampaikan Mahfud soal adanya lawan politik hingga profesor yang menghina Habibie tanpa menyebutkan nama, membuat warganet (netizen) menerka-nerka.

Bahkan banyak netizen yang menduga profesor yang dimaksud Mahfud adalah Ketua Dewan Kehormatan PAN  Amien Rais. Dugaan netizen itu dikaitkan dengan sidang MPR tahun 1999, kala itu Amien Rais menjabat sebagai Ketua MPR, menolak laporan pertanggungjawaban BJ Habibie.

"Pak Amien Rais yang menghina almarhum eyang Habibie," cuit netizen pemilik akun @mazzini_giusepe.

"Amien Rais profesor yang dimaksud?" tanya @HanifFulhairi.

"Dulu Amin Rais yang mbully Presiden Habibie saat sidang MPR," balas @dedicahyo.

Dugaan netizen itu disanggah oleh Mahfud. Ia berpendapat bahwa saat itu Amien hanya mengkritik Habibie.

"Menurut saya Amien Rais tak pernah menghina Habibie. Dia hanya mengritik berdasar perbedaan pendapat, apalagi di sidang MPR yang terbuka," kata Mahfud.

Pada cuitan lainnya, Mahfud menyebut bahwa Amien Rais pernah ikut andil dalam mengorbitkan Habibie jadi tokoh Islam melalui Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

"Setahu saya, khusus dalam hubungannya dengan Habibie, Amien Rais tak pernah menghina Habibie. Kalau ngritik memang ya," jelas Mahfud.

"Amien Rais yang ikut mengorbitkan Habibie jd tokoh Islam melalui ICMI dan mendukung tp tetap kritis saat Habibie jd Presiden. Beda ya, menghina dan mengritik," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya