• News

  • Peristiwa

Disahkan Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Mengaku Punya Satu Tujuan, Apa Itu?

Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri.
DPR
Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan lima pimpinan KPK periode 2019-2023 dalam rapat paripurna, Senin (16/9/2019). Lima pimpinan KPK itu, yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar.

Setelah pengesahan, lima pimpinan KPK ini tinggal dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut juga diungkapkan oleh Firli yang juga merupakan Ketua KPK periode 2019-2023.

"Pertama ini masih proses tentu kita hormati proses yang berjalan sesuai dengan ketentuan UU 30 tahun 2002 bahwa proses ini ada kewajiban DPR membalas surat presiden," kata Firli usai rapat paripurna pengesahan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Setelah ini baru akan ada proses di presidenan. Baru setelah ini adalah kami berlima sudah dikenalkan ketua DPR RI bahwa kami terpilih," sambungnya.

Kapolda Sumatra Selatan ini mengaku
ingin menjadi bagian dari lembaga antirasuah itu karena memiliki satu tujuan yaitu memberantas korupsi.

Untuk itu, Firli menyebut, jika dirinya sudah resmi menjabat Ketua KPK, ia akan merangkul semua pihak termasuk para pegawai KPK yang sebelumnya santer diberitakan menolak dirinya, untuk bersama-sama memerangi korupsi di Indonesia.

"Kalau kita bicara pemberantasan korupsi, bahwa tidak ada satu individu yang bisa lepas membebaskan korupsi. Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat maupun rekan-rekan di KPK, saya ada satu tujuan yaitu memberantas korupsi," paparnya.

"Dengan begitu seluruh pembangunan nasional bisa berjalan yang mana tujuan pembangunan kita gimana alenia keempat UUD 1945," pungkas Firli.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani