• News

  • Peristiwa

Demo Pelajar di Gedung DPR: Lanjutkan Perjuangan Kakak-kakak Mahasiswa

Sejumlah pelajar berunjuk rasa di depan Gedung DPR.
Netralnews/Adiel
Sejumlah pelajar berunjuk rasa di depan Gedung DPR.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ratusan pelajar STM/SMA dari sejumlah sekolah di Jakarta berunjuk rasa di gedung DPR, Rabu (25/9/2019).

Para pelajar yang mengenakan pakaian putih abu dan seragam pramuka itu menggelar aksi menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Para pelajar mengaku turun ke jalan untuk melanjutkan perjuangan mahasiswa yang sebelumnya menggelar aksi dengan tuntutan serupa pada Senin dan Selasa, tanggal 23 dan 24 September 2019 kemarin.

"Kami melanjutkan perjuangan kakak-kakak mahasiswa," kata para pelajar di lokasi aksi.

Mereka pun terlihat membawa sejumlah bendera Merah Putih dan terus menyanyikan yel-yel di depan aparat kepolisian yang mengamankan gedung DPR "tugasmu mengayomi, tugasmu mengayomi, pak polisi, pak polisi jangan ikut kompetisi."

Aksi para pelajar ini membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan sekitar gedung DPR.

Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladokgi kemudian diarahkan ke Gerbang Pemuda. Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ditutup dibelokkan ke kiri ke arah Jalan Asia Afrika ke Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

Selanjutnya Jalan Asia Afrika ke arah Jalan Gerbang Pemuda ditutup, kemudian diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar dan dibelok ke kiri ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Kemudian Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di traffic light ditutup ke Jalan Lapangan Tembak, kemudian diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar arah ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama. Sementara Jalan Tentara Pelajar pojok Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani