• News

  • Peristiwa

Ini Tanggapan BEM UI Soal Pelajar STM Demo ‘Lanjutkan Perjuangan Kakak- kakak‘

Ketua BEM UI Manik Margana Mahendra.
Netralnews/Adiel
Ketua BEM UI Manik Margana Mahendra.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Manik Margana Mahendra menanggapi unjuk rasa ratusan pelajar dari Sekolah Teknik Menengah (STM) di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Manik menilai, aksi pelajar STM tersebut sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi berbagai kalangan yang kecewa terhadap DPR terkait sejumlah RUU yang tidak pro rakyat.

"Bisa saja itu semua terjadi (bentuk partisipasi masyarakat). Tapi yang jelas kita sama-sama kecewa dengan itu (DPR)," kata Manik saat ditemui di LBH Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Tak hanya para pelajar, Manik mengungkapkan partisipasi dan dukungan masyarakat juga terlihat saat unjuk rasa mahasiswa kemarin, dengan memberikan makan dan minum kepada massa. Pun warga ikut membantu mengevakuasi mahasiswa saat terjadi kericuhan.

"Kami dibantu untuk dievakuasi oleh warga. Ada tukang ojek yang membantu beberapa massa yang pingsan, itu kami rasa adalah sebuah bentuk gerakan yang memang mendorong dan mendukung gerakan yang dilakukan oleh mahasiswa," ujarnya.

Diberitakan, ratusan pelajar STM dari sejumlah sekolah di Jakarta berunjuk rasa di depan gedung DPR, Rabu (25/9/2019). Para pelajar mengaku turun ke jalan untuk melanjutkan perjuangan mahasiswa pada Senin dan Selasa, tanggal 23 dan 24 September 2019 kemarin.

Para pelajar turun ke jalan dengan tuntutan yang sama seperti aksi mahasiswa kemarin, yakni menolak sejumlah RUU seperti RUU KUHP, RUU Pemasyarakatan, hingga revisi UU KPK.

"Kami melanjutkan perjuangan kakak-kakak mahasiswa," kata para pelajar di lokasi aksi.


Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani