• News

  • Peristiwa

Gubernur Anies Bakal Tambah Jumlah PAUD di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Instagram
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, jumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Ibu Kota akan ditambah dalam skala besar.

Bahkan dirinya menargetkan, penambahan jumlah PAUD di Jakarta selesai lebih dulu ketimbang target nasional.

"Saat jadi mendikbud, saya yang tanda tangan komitmen negara memastikan setiap anak di tahun 2030 mendapatkan PAUD. Nah, DKI harus lebih cepat. Karena itu, kita siapkan mulai tahun depan, pembangunan PAUD lebih masif," kata Anies saat meresmikan PAUD Setya Bakti di bilangan Pondok Kopi, Jakarta Timur, Sabtu (28/9/2019).

Penambahan PAUD dalam skala besar ini rencananya tak hanya PAUD milik Pemprov DKI Jakarta. Ia ingin agar PAUD-PAUD yang digerakkan oleh warga turut difasilitasi perkembangannya oleh pemerintah.

"Justru harus dihidupkan PAUD-PAUD yang dihidupkan oleh masyarakat. Kita alhamdulillah sekarang ketemu pola anggarannya, yaitu tipe 3 dan tipe 4, di mana warga bisa mendapatkan anggaran dari pemerintah," dia menjelaskan.

"Kami pendekatannya harus kolaborasi. Guru-guru PAUD ini tidak ada pemerintah saja jalan, apalagi didukung," tambah Anies.

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar itu pun berencana melonggarkan sejumlah kriteria pendirian dan operasional PAUD swasta.

Namun, Anies belum menjelaskan secara rinci kriteria-kriteria macam apa yang akan disederhanakan.

"Kalau (kriterianya) rumit, tidak ada yang bisa memenuhi syarat nanti. Akhirnya kita (Pemprov DKI) tidak bisa membantu. Kan banyak PAUD diselenggarakan di teras rumah karena memang tempatnya terbatas, akhirnya tidak bisa masuk kategori sebagai PAUD. Padahal, kenyataannya memang enggak ada tempat," ungkap Anies.

"Ini kenyataan di lapangan, lalu yang begitu akhirnya enggak dapet bantuan. Jadi, maksud saya kriteria-kriteria begitu," tambah dia.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli