• News

  • Peristiwa

Mendadak Datang Ombak Besar Pangandaran, ‘Jaya Abadi‘ Terbalik, Elan pun Hilang

Ilustrasi kapal terbalik usai diterjang ombak besar
Netralnews/Istimewa
Ilustrasi kapal terbalik usai diterjang ombak besar

PANGANDARAN, NETRALNEWS.COM - Seorang nelayan hilang dan dua nelayan selamat setelah kapal yang mereka gunakan untuk mencari ikan terbalik karena terhempas ombak di laut Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (30/9/2019) malam.

"Dua orang selamat, satu orang masih dalam pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung Deden Ridwansah melalui siaran pers di Pangandaran, Rabu (2/10/2019).

Ia menuturkan, Kantor SAR Bandung mendapatkan laporan adanya kapal nelayan terbalik di perairan Muara Sungai Bojong Salawe, Desa Kalarang Jaladri, Kecamatan Parigi, Pangandaran.

Kapal nelayan itu, kata dia, ditumpangi tiga orang, yakni Wawan (22), Arsidi (50), dan Elan Suherlan (47), dua orang berhasil menyelamatkan diri, sedangkan Elan tidak diketahui keberadaannya.

"Atas nama Elan Suherlan masih hilang dan kami sedang melakukan pencarian," katanya.

Ia menyampaikan, hasil laporan sementara ketiga nelayan itu berangkat melaut dari Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, menggunakan kapal Jaya Abadi.

Kapal tersebut, lanjut Deden, menuju kawasan penangkapan ikan. Seusai menangkap ikan kapal kembali ke daratan terdekat di Muara Bojong Salawe, namun kapal dihantam ombak besar hingga akhirnya posisi kapal terbalik.

"Mendadak datang ombak besar menghantam sehingga perahu tersebut terbalik," katanya.

Deden menyampaikan, nelayan yang selamat berusaha meminta bantuan kepada masyarakat setempat, hingga akhirnya jajaran kepolisian, dan TNI AL melakukan pencarian korban.

"Masyarakat dan nelayan di sana langsung mencari dan melaporkannya. Kami baru menerima laporan siang ini dan langsung menerjunkan tim untuk bersama-sama melakukan pencarian," katanya dinukil Antara.

Editor : Taat Ujianto