• News

  • Peristiwa

Masih Ada yang Kerja Biasa, Agustinus: Fokus Utama UNTAR Lulusan Buka Usaha Sendiri

Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan
foto: antara
Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Universitas Tarumanagara terus berusaha menyiapkan lulusan yang berdaya guna dan memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri demi mewujudkan cita-cita negara untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Kami ingin berkontribusi secara nyata dalam mendukung program pemerintah pengembangan SDM unggul Indonesia maju," kata Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan usai mengisi acara Dies Natalis ke-60 Untar di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Dia mengatakan SDM unggul di dunia pendidikan jelas dimulai dari proses pembelajaran. Untuk itu, Untar membuat kurikulum yang sesuai dengan perkembangan atau kebutuhan saat ini.

Untar, katanya, saat ini sudah mengambil posisi sebagai universitas kewirausahaan. Oleh karena itu, kurikulum yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan memasuki dunia industri, baik sebagai wirausaha, pengusaha ataupun entrepreneur.

Agustinus mengatakan mengaku masih ada beberapa lulusan mereka yang masuk ke dunia pekerjaan biasa menjadi karyawan biasa.

Namun, dia menegaskan bahwa fokus utama perguruan tinggi swasta tersebut adalah menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri.

"Sehingga dengan kemampuan membuka usaha tersebut, lulusan Untar dapat membuka banyak lapangan pekerjaan dan berguna bagi masyarakat luas," tuturnya.

Dalam menghasilkan lulusan yang berdaya guna di dunia usaha, Untar juga telah mendapatkan penghargaan tiga bintang Quacquarelli Symonds (QS) karena telah menghasilkan lulusan yang mampu berwirausaha ataupun mencari pekerjaan kurang dari tiga bulan atau bahkan telah memiliki bisnis atau telah bekerja sebelum lulus.

Agustinus mengatakan dalam Dies Natalis ke-60, Untar mengambil tema "UNTAR untuk Indonesia" sebagai wujud harapan Untar untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

"Perguruan tinggi memang harus terjun langsung ke masyarakat. Oleh karena itu, kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat melayani masyarakat sebagai bagian dari Untar untuk Indonesia," katanya dinukil Antara.

Editor : Taat Ujianto