• News

  • Nasional

Tak Sampai Sepekan, Densus 88 Tangkap 26 Teroris dari Berbagai Daerah

Pasukan Densus 88 Antiteror.
Istimewa
Pasukan Densus 88 Antiteror.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Densus 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap 26 tersangka teroris di sejumlah daerah dalam kurun waktu 10-15 Oktober 2019.

"Total ada 26 tersangka kasus tindak pidana terorisme yang diamankan Densus 88 sampai hari ini," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Penangkapan dilakukan menyusul terjadinya insiden penusukan terhadap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten.

Pada Selasa, tercatat ada empat orang yang ditangkap di Cirebon dan Bandung. Di Cirebon, ditangkap dua orang, yakni inisial S dan LT. Sementara di Bandung, ditangkap dua orang, yakni DP dan MNA.

"Saudara LT dipersiapkan sebagai society bomber dengan sasaran markas kepolisian dan rumah ibadah di Cirebon," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, juga diketahui bahwa kelompok JAD Bandung merencanakan untuk melakukan aksi teror di tempat ibadah dan Mako Polri di Bandung.

"(Kalau JAD) Cirebon hendak menggunakan society bomber, sedangkan JAD Bandung melakukan serangan dengan menggunakan beberapa senjata seperti senjata angin, airsoft gun, pisau dan beberapa senjata tajam untuk menyerang secara personal maupun di tempat-tempat yang saya sebutkan tadi," katanya, dilansir Antara.

Berikut rincian para tersangka yang ditangkap selama rentang 10-15 Oktober 2019 dan wilayah penangkapannya:

Banten, yaitu SA alias Abu Rara, FA, dan RA. Bali, yaitu AT dan ZA. Sulawesi Utara, yaitu S alias Jack Sparrow. Jambi, yaitu R alias Putra. Jakarta, yaitu TH. Lampung, yaitu NAS, APS alias Aris Hidayat, TH, Y alias Yudistira, MRM, dan UD.

Selanjutnya, di Sulawesi Tengah polisi telah membeku A. Sedangkan, tersangka teroris yang berhasil dibekuk di Jawa Barat, yaitu WB alias Budi, RF, YF, BA, N, JJ, AA, S, LT, DP, dan MNA.

Editor : Irawan.H.P