• News

  • Peristiwa

Dua Tahun Gubernur Anies, Fraksi PAN Soroti Minimnya Ketersediaan Air Bersih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim, mengatakan ketersediaan air bersih bagi warga Jakarta belum sepenuhnya diselesaikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dalam dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI.

Dirinya pun berharap ketersediaan air bersih bagi warga Jakarta menjadi PR bagi Anies Baswedan.

"Masalah sanitasi air, dalam dua tahun kepemimpinannya masih banyak yang belum selesai tentang sanitasi air," kata Hakim, Rabu (16/10/2019).

Dijelaskan Hakim, salah satu bukti warga Jakarta belum sepenuhnya merasakan air bersih yakni masih ada warga yang menggunakan air kali untuk keperluan sehari-hari khususnya mencuci. Kondisi tersebut dirasakan oleh masyarakat Kalideres, Jakarta Barat.

"Di Kalideres itu, warga yang tinggal di sekitar Kali Maja bertahun-tahun nyuci pakai air kali," ujarnya.

Tidak hanya itu, Fraksi PAN juga sempat menyoroti masalah yang dialami warga Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang harus membuang kotoran ke kali karena tidak memiliki jamban.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasalan dari pajak menjadi soroti Fraksi PAN. Pasalnya, selama dua tahun terahir penyerapan pajak dinilai kurang maksimal. Bahkan pengawasan pajak disebut masih lemah.

“Terus masalah pajak, PAD, penyerapan pajak kurang maksimal. Penyerapan pajak dan pengawasan masih lemah. Tentu harus ditingkatkan pengawasannya, secara teknologi yang lebih canggih, lebih masif, untuk meningkatkan PAD,” tandas Hakim.

Tepat hari ini, Anies genap dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta usai dilantik pada 16 Oktober 2017 setelah memenangi kontestasi Pilgub DKI 2017 bersama Sandiaga Salahuddin Uno. Saat itu Anies-Sandi berhasil mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saeful Hidayat.

Namun, belum genap satu tahun Sandiaga memutuskan mundur sebagai Wagub DKI pada Agustus 2018 lantaran mencalonkan diri sebagai wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Hingga saat ini pun pengganti Sandiaga belum ada.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Widita Fembrian