• News

  • Peristiwa

Pentingnya Pembekalan Wisata Digital

Kemenpar tingkatkan pengetahuan wisata digital.
Teknologi
Kemenpar tingkatkan pengetahuan wisata digital.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Keterampilan di bidang informasi teknologi (IT) di era industri 4.0 juga disiapkan dalam program Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan (BPIK) Kemenpar Dra. Ni Wayan Giri Adyani, M.Sc., CHE, mengatakan secara khusus WIDT 4.0. dibahas dalam Rakornas yang menghasilkan 6 program inisiatif yakni program pemetaan digital “maturity” dalam industri pariwisata di Indonesia meliputi program pemetaan kompetensi, kurikulum, metode pembelajaran, dan sertifikasi WIDT 4.0.

Selain itu program kerja sama link & match antara Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan industri di bidang pengembangan kompetensi digital, program pengembangan dan pembinaan SDM desa wisata dengan PTNP, dan program kerja sama pengembangan start up pariwisata dan industri kreatif di berbagai destinasi wisata. Kemudian program pengembangan dan pelatihan WIDI (Wonderful Indonesia Digital) Champion.

Wisnu Bawa Tarunajaya dalam Rakornas SMK Pariwisata Tahun 2019 yang mengangkat tema ‘Pengembangan SDM SMK Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0’ memaparkan sejumlah hasil program kerja dalam meningkatkan kompetensi anak didik maupun para guru SMK Pariwisata. 

“Hal menarik adalah Program One GM One SMK, Evaluasi dan Tindak Lanjut yang dipaparkan oleh Hadi Sutrisno, SE., CHA dari Asosiasi SMK Pariwisata,” kata Asdep Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar, Bawa Tarunajaya., dalam siaran persnya, Kamis (17/10/2019).

Selain itu pemaparan ‘Evaluasi Pilot Project dan Program Diklat Online’ oleh Dr. Ir. I Nyoman Tedja Nandi Yasa dari Ajar.co.id, dan Laporan Pilot Project di Bali oleh Anak Agung Gede Widnyana, SS dari LSP Pariwisata Bali.

Rakornas diikuti sekitar 400 peserta dari kementerian (Kemenpar, Kemdikbud, dan Kemendagri), lembaga (Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP), Asosiasi Pariwisata (PHRI, ASITA, IHGM, IHGMA), serta perwakilan SMK Pariwisata se-Indonesia terakreditasi A, SMK Pariwisata Revitalisasi, SMK Pariwisata yang memiliki LSP-P1, serta SMK Pariwisata mewakili Provinsi dari seluruh Indonesia.


Editor : Sulha Handayani