• News

  • Peristiwa

DPR Tuntaskan Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan

Ketua DPR RI Puan Maharani.
NNC/Adiel Manafe
Ketua DPR RI Puan Maharani.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) melalui musyawarah mufakat dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dan fraksi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Alhamdulillah hari ini terbentuk alat kelengkapan dewan melalui musyawarah mufakat," kata Ketua DPR Puan Maharani usai rapat.

Puan mengungkapkan, rapat tersebut menyepakati pembentukan 11 komisi dan 6 badan dan juga menetapkan komposisi pimpinan dari tiap fraksi untuk tiap AKD.

"Tadi disepakati dibentuk 11 komisi dan 6 badan. Tiap komisi terdiri dari 1 ketua dan 4 wakil ketua. Total ada 17 ketua komisi dan badan serta 66 wakil ketua komisi dan badan," ujar Puan.

Dalam rapat tersebut, juga menetapkan komposisi pimpinan dari tiap fraksi untuk tiap AKD. Adapun tiap komisi terdiri dari 1 ketua dan 4 wakil ketua. Total ada 17 ketua komisi dan badan, serta 66 wakil ketua komisi dan badan.

"Dengan ditetapkannya AKD ini, maka Selasa pekan depan, kami akan menggelar rapat paripurna penetapan alat kelengkapan dewan," ujar Puan.

Puan mengaku bersyukur karena ini sebuah langkah maju dan awal yang baik bagi DPR periode 2019-2024, lantaran belum genap tiga pekan menjabat sudah membentuk AKD.

"Ini awal yang baik bagi DPR periode ini karena tidak sampai tiga pekan alat kelengkapan dewan sudah terbentuk," kata Puan usai rapat," ucap dia.

"Ini tentu sebuah kemajuan mengingat pada periode sebelumnya alat kelengkapan dewan baru terbentuk setelah 6 bulan pelantikan," jelas politisi PDIP itu.

Lebih lanjut, Puan berharap dengan terbentuknya alat kelengkapan dewan ini, DPR segera bekerja untuk memenuhi aspirasi masyarakat.
   

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P