• News

  • Bisnis

Kuartal III 2019, Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Menurun

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Lamudi
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kuartal III tahun 2019 ini, pertumbuhan ekonomi diprediksi bakal menurun dibandingkan dengan Kuartal sebelumnya, bakal berada di kisaran 4,9 hingga 5,02 persen.

“Untuk kuartal III, diperkirakan ada di kisaran 4,9 persen, karena memang trend ekspor yang turun, di tambah dengan pertumbuhan investasi yang tumbuh di bawah 6 persen,” kata Kepala Kajian Makro Lembaga Penyelidik Ekonomi Mayarakat, Univesitas Indonesia (LPEM, UI), Febrio Kacaribu, di acara Economy Outlook, di Menara BCA, Jumat (18/10/2019).

Febrio menyebut dampak perang dagang yang masih menghantui perekonomian global, termasuk Indonesia, menjadi salah satu penyebab utama. Harga komoditas pun mengalami penurunan yang cukup tajam, seperti untuk komoditas sawit. 

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah prediksi pertumbuhan ekonomi kuatal III 2019, bisa berada di kisaran 4,95 hingga 5,05 persen. 

Karena, pertumbuhan tersebut ditopang oleh konsumsi dan investasi, yang berkonstribusi sebesar 80 persen untuk perekonomian Indonesia. 

“Jadi, di kuartal III, kita memang mengalami deifisit perdagangan, khususnya untuk ekspor. Tapi, masih berharap dari konsumsi dan investasi. Nah, ini yang mendasari perkiraan kita,” kata Piter. 

Piter pun memprediksi untuk kurtal IV tahun 2019 masih bisa lebih baik, dikarenakan terdapat liburan natal dan tahun baru. 

“Nanti ada kenaikan, karena memang (pertumbuhan ekonomi) tergantung dari pola musiman,” katanya.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin