• News

  • Peristiwa

Hari Ini DPRD DKI Gelar Paripurna Penetapan AKD

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik.
DPRD DKI Jakarta.
Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pimpinan DPRD DKI Jakarta telah menetapkan batas akhir atau deadline nama-nama alat kelengkapan dewan (AKD) kepada fraksi di Kebon Sirih, Kamis pekan lalu. Rencananya, hari ini, Senin (21/10/2019) penetapan AKD bakal dilakukan melalui paripurna.

Rapat pembentukan AKD tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi. Prasetio didampingi empat wakil ketua, yaitu Mohamad Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Amsuri, dan Zita Anjani.

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik mengatakan, sudah ada kesepakatan dalam rapat bahwa seluruh fraksi DPRD DKI harus menyerahkan nama-nama pimpinan dan anggota AKD pada Kamis pekan lalu

"Saya kira sudah sepakat, hari Kamis nama-nama AKD sudah masuk. Sesuai dengan proporsional datanya," kata Taufik.

Sebelumnya Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyampaikan, pihaknya menargetkan pengesahan pimpinan AKD bisa dilaksanakan pekan depan. Saat ini, pembahasan tengah dilaksanakan di DPRD DKI Jakarta di mana penetapan pimpinan AKD disepakati secara musyawarah.

"Mudah-mudahan Senin bisa paripurna,” ujar dia.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, nama-nama yang diusulkan fraksi akan dibagi dan dibahas dalam rapat selanjutnya. Pembagian pimpinan akan dilakukan secara proporsional.

“Pembagian-pembagiannya sudah terlihat, PDIP berapa, PKS berapa, Gerindra berapa. Kita fleksibel saja. Kita lihat ada partai di atas sepuluh (kursi atau anggota-red), bawahnya kita sinkronkan juga, dinamis juga,” jelas dia.

Dia menguraikan, jumlah pimpinan AKD sebanyak 19 orang, 15 pimpinan komisi dan empat pimpinan badan. Dia juga memastikan kursi pimpinan AKD tak akan dipenuhi oleh PDI Perjuangan, mengingat partai berlambang banteng moncong putih itu menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak.
   

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P