• News

  • Peristiwa

Ratusan Kios dan Puluhan Rumah Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

Ilustrasi kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan puluhan rumah.
Istimewa
Ilustrasi kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan puluhan rumah.

SAMARINDA, NETRALNEWS.COM - Ratusan kios di Pasar SP4 Marga Mulia, Jalan Pahlawan desa Marga Mulya, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur hangus terbakar, pada peristiwa Sabtu malam.

Selain kios, 30 rumah warga yang berada dekat pasar juga turut dilahap si jago merah.

Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan dihubungi dari Samarinda, Senin (28/10/2019), mengatakan kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 20.10 wita.

Dia menjalaskan berdasarkan keterangan saksi Gunawan Salim, Marsel, dan Andre, asal mula api berasal dari salah satu neon box milik counter Handphone Nindi cell, yang mengeluar percikapan api.

"Akibat listrik konslet, pada saat itu langsung terbakar dan api menyambar salah satu ruko milik H Ake pedagang mainan. Kemudian api langsung membesar dan menjalar menghanguskan kios-kios," ungkapnya.

Dia menambahkan kobaran api cepat membesar, karena banyak kios terbuat dari kayu. Sehingga membakar banyak kios yang ada di pasar. Bahkan, ada 30 rumah yang berdekatan dengan pasar ikut hangus terbakar," terangnya.

Upaya pemadaman dilakukan oleh pedagang dan warga setempat sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

Namun, karena kencangnya tiupan angin, api sulit dipadamkan. Bahkan, enam mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi membutuhkan waktu beberapa jam untuk mampu menghentikan kobaran api.

"Api baru dapat dipadamkan pukul 23.00 wita. Dengan melibatkan 6 mobil pemadam milik kecamatan dan perusahaan," ujarnya dilansir dari Antara.

Dalam peristiwa tersebut, sebagian pemilik kios berupaya menyelamatkan barang-barang dagangannya. Namun, akibat besarnya kobaran api, mereka akhirnya pasrah melihat kiosnya hangus dilalap si jago merah.

Penyebab pasti kebakaran masih dalam penanganan Polsek Kongbeng dan Sat Reskrim Polres Kutim. Kerugian atas kebakaran diperkirakan ratusan juta rupiah.

Editor : Widita Fembrian