• News

  • Peristiwa

Aceh Upaya Ciptakan Desa yang Hebat Lewat Dana Desa

Ilustrasi Dana Desa.
Istimewa
Ilustrasi Dana Desa.

ACEH, NETRALNEWS.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh Azhari mengatakan, saat ini provinsi paling barat Indonesia ini sedang berupaya menciptakan Aceh yang hebat dan itu dimulai dari gampong (desa) yang merupakan daerah pinggiran.

“Bagaimana menjadikan gampong di Aceh dan bagaimana pula menggunakan Dana Desa untuk membangun gampong,” kata Azhari dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Pembangunan Desa Berbasis Masyarakat di The Pade Hotel, Aceh Besar, Banda Aceh (29/10/2019).

Peserta terdiri dari Tim Advisor Kemendes PDTT (Advisor Mendes PDTT, PPK UK-PID P2D, Tenaga Ahli UKPID-P2D, Tenaga Teknis UKPID-P2D), UKE II, III, IV di lingkungan Kemendes PDTT, Pemerintah Daerah Provinsi Aceh, Pemerintah Dearah Kabupaten Aceh Besar, dan Perguruan Tinggi (Pertides) dari LPPM Universitas Syiah Kuala, LPPM UIN Ar-Raniry, LPPM IAIN Malikussaleh Lhoksumawe.

Dana Desa di Aceh sendiri menurut Azhari  pemantauan penggunannya belum sefokus dana otsus. Dana otsus yang lebih dipantau dan diawasi lebh ketat oleh masyarakat, LSM dan pemerintah, padahal kedepan justru dana desa yang menjadi dana masa depan bagi Aceh.

Kedepan pengawasan penggunaan Dana Desa lewat masyarakat desa juga akan lebih ditingkatkan, karena menurut Azhari pengawasan berbasis masyarakat lebih efektif.

"Namun tentunya lagi-lagi masyarakat harus dibuat mengerti dulu mengenai Dana Desa dan pengawasannya dalam banyak aspek seperti aspek hukum misalnya,” pungkas Azhari.

Forum Grup Diskusi (FGD) bertema “Pembangunan Desa Berbasis Masyarakat” di adakan di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh 29 – 31 Oktober 2019. FGD ini merupakan rangkaian FGD lainnya yang dilaksanakan di kota-kota di Indonesia yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dan pertimbangan yang strategis dan taktis yang akan diserahkan kepada Menteri Desa PDTT sebagai langkah mengembangkan desa menjadi desa yang berkembang dan mandiri.

Acara Rapat Koordinasi tentang Pengawasan Pembangunan Desa Berbasis Masyarakat ini diselenggarakan oleh Unit Kerja Pengembangan Inovasi Desa dan Pengelolaan Pembangunan Desa (UKPID-P2D) Biro Perencanaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 

Acara ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya peran aktif warga dalam pelaksanaan pembangunan desa, serta untuk mendorong percepatan dan peningkatan kualitas pembangunan desa melalui pengawasan pembangunan desa berbasis masyarakat, maka perlunya melakukan pembahasan kebijakan dengan berbagai pihak terkait melalui rapat koordinasi ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian