• News

  • Peristiwa

BNPB Dukung Konservasi Berkelanjutan Lingkungan Hidup

BNPB Dukung Konservasi Berkelanjutan Lingkungan Hidup
BNPB Dukung Konservasi Berkelanjutan Lingkungan Hidup

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mendorong semua pihak termasuk pengelola kawasan konservasi, masyarakat dan swasta untuk mendukung pelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup.

"Kegiatan konservasi atau kegiatan lain yang bertujuan untuk melestarikan alam sangat diperlukan partisipasi masyarakat sehingga semakin banyak yang semakin peduli dengan kondisi lingkungan saat ini," kata Doni dalam siaran persnya, Sabtu (1/11/2019).

Kepala BNPB beserta jajarannya mengunjungi kawasan konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi di Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (1/11), yang dikelola oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri.

Kawasan konservasi seluas 12 ribu hektare itu dikelola dengan fokus pada penanaman kembali dan sudah direplika oleh beberapa daerah lain seperti Garut dan Bekasi, serta menjadi tempat pendidikan karakter bagi para siswa-siswi yang ada di berbagai daerah.

BNPB turut mendukung konsep wilayah konservasi Kareumbi dan mengharapkan Wanadri dapat memperkuat kapasitas seluruh komponen yang memiliki kontribusi pada pelestarian alam.

Doni Monardo mengarahkan agar Wanadri dapat menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam mendukung kegiatan konservasi dan lembaga usaha agar program serta kegiatan yang diselenggarakan oleh Wanadri dapat berjalan dengan maksimal dan didukung penuh oleh pemerintah provinsi, lembaga usaha serta masyarakat.

Kunjungan Kepala BNPB Doni Minardo disambut oleh Ketua Dewan Pengurus Wanadri, Rafi Respati dan Manager Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK) Sandyakala Ningtyas.

Editor : Sulha Handayani