• News

  • Peristiwa

Perdamaian atas Perang Dagang AS-Tiongkok Mungkin Tertunda, Ini Sebabnya

Perdamaian atas perang dagang AS-Tiongkok mungkin tertunda.
Bisnis
Perdamaian atas perang dagang AS-Tiongkok mungkin tertunda.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perang dagang antara Amerika Serikat sudah lama terjadi, bahkan Tiongkok sempat memblokir Google di wilayahnya. AS dan Tiongkok kini sedang melakukan pembahasan terkait masalah ketegangan dagang yang sudah terjadi beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Baidu News, Ahli Ekonomi di Tiongkok Chao Ping Zhu menjelaskan adanya kesepakatan antara AS dan Tiongkok merupakan sinyal positif dari pertemuan G-20. Menurut dia dengan adanya renegosiasi terkait kebijakan tarif ini membuat kemungkinan perang dagang bisa sedikit mereda.

Namun belakangan ini diketahui bahwa pertemuan antara Presiden Amerika Serikat  Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menandatangani perjanjian perdagangan sementara kemungkinan akan ditunda hingga Desember. Saat ini kedua negara masih mendiskusikan waktu dan tempat perundingan kata seorang pejabat senior pemerintahan Trump kepada Reuters, Rabu (6/11/2019).

Pejabat AS itu menolak disebutkan namanya, namun dia sempat mengatakan bahwa awalnya, pertemuan kedua pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu dijadwalkan dilakukan di pertemuan puncak para pemimpin Asia-Pasifik pada pertengahan-November di Chili. Namun, pertemuan itu telah dibatalkan.

Pemilihan London, Inggris, sebagai tempat perundingan selanjutnya adalah karena di kota itu akan diadakan pertemuan puncak NATO pada 3-4 Desember. Trump dan Xi diperkirakan akan hadir.

"Itu sedang dipertimbangkan tetapi belum ada yang memutuskan," katanya.
Beberapa tempat yang sedang adi pertimbangan di antaranya adalah beberapa negara di Eropa dan Asia termasuk Swedia dan Swiss, kata pejabat itu.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani