• News

  • Peristiwa

Iran Dukung Lagi Program Nuklir, Ada Apa Gerangan?

Ilustrasi Nuklir
Ilustrasi Nuklir

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pejabat Iran mengatakan akan mulai mengembangkan pengadaan uranium, yang dapat menghasilkan bahan bakar untuk pembangkit listrik atau untuk bom atom.

Tapi Teheran menegaskan pengembangan ini bukan untuk membuat senjata nuklir. Dilansir dari BBC, Iran mengumumkan telah meluncurkan mesin sentrifugal canggih generasi baru untuk mempercepat proses pengayaan uranium.

Pengumuman kontroversial Iran ini muncul sehari setelah kepala program energi nuklir Iran mengatakan negara itu telah menggandakan jumlah sentrifugal canggih yang kini dalam pengoperasian.

Langkah ini memperdalam sikap tidak tunduk Iran pada kesepakatan nuklir 2015 setelah ditinggalkan Amerika Serikat (AS) pada 2018 lalu.

Setelahnya, AS menerapkan kembali sanksi ekonomi pada negara itu, termasuk melarang negara-negara untuk membeli minyak Iran.

Alasan Presiden AS Donald Trump menarik negaranya dari kesepakatan itu adalah karena Trump merasa perjanjian itu cacat dalam mendukung Iran dan ia ingin menegosiasikan ulang perjanjian itu.

 

Reporter : Albert Adji
Editor : Sesmawati