• News

  • Peristiwa

Tak Sekadar Ibadah, Ini Bukti Emak-Emak dari Gereja Katolik Cinta Negeri

Gereja Katolik di berbagai wilayah di Indonesia terus galakkan agar umatnya mencintai lingkungan
foto: antara
Gereja Katolik di berbagai wilayah di Indonesia terus galakkan agar umatnya mencintai lingkungan

KENDARI, NETRALNEWS.COM - Gereja Katolik di berbagai wilayah di Indonesia terus galakkan agar umatnya mencintai lingkungan sekitar tempat tinggal. Demikian halnya dengan apa yang dilakukan oleh emak-emak (kaum ibu) yang tergabung dalam organisasi Wanita Katolik di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tak hanya beribadah di gereja, mereka ternyata juga melakukan aksi bersih-bersih di bumi Kendari, yakni di sekitar Pantai Teluk Kendari, Minggu (10/11/2019).

Yulianti Sallekarurung, salah satu wanita Katolik, yang melakukan aksi bersih-bersih pantai mengatakan, kegiatan itu merupakan satu bentuk perhatian dari wanita Katolik dalam menjaga lingkungan sehingga terlihat bersih, khusunya di daerah pantai.

"Ini kan pantai, kalau banyak sampah yang berserakkan, jadinya kurang menarik dilihat, apalagi ini kawasan kota," katanya.

Selain itu, ia mengatakan aksi tersebut sebagai wujud kepedulian dan cinta terhadap lingkungan. Menurutnya, dengan menjaga kebersihan, diharapkan lingkungan, terutama di kawasan "Kendari Beach" terjaga dengan asri.

"Ini wujud kami sampaikan aspirasi bahwa kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan bisa dilakukan dengan bersih-bersih. Dengan memunguti sampah, diharapkan bisa menjaga lingkungan di sini," katanya.

Ia berharap, pengunjung yang datang ataupun melintas di kawasan "Kendari Beach", agar tidak membuang sampah di laut.

"Kan Pemerintah Kota sudah menyiapkan tempat sampah, jadi kami harap yang datang di sini ataupun hanya lewat jangan sembarang membuang sampah, masukkanlah di tempat sampah yang telah disediakan," pintanya dinukil Antara.

Kegiatan bakti sosial pembersihan  Pantai Teluk Kendari dari sampah itu merupakan wujud pelestarian alam Kota Kendari, kerjasama Wanita Katolik RI DPD Sultra, Pemuda Katolik, PMKRI, Depas Paroki St Fransiskus Xaverius.

Editor : Taat Ujianto