• News

  • Peristiwa

Pengamat Sebut Ada Potensi Titipan Anggaran di Penyusunan KUA-PPAS 

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah
Berita 168
Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah, mengungkap adanya potensi 'titipan anggaran' para anggota dewan melalui program dalam proses penyusunan rancangan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020.

"Adanya potensi anggota dewan 'titip anggaran' ke dinas sangat kental. Karena kalau saya lihat itu terjadi di berbagai program maupun anggaran fantastis yang diajukan," kata Trubus di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dirinya mengungkapkan, adanya sistem e-budgeting saat ini tak menjamin hilangnya sepak terjang para mafia anggaran.

"Jadi sebelum sampai ke rancangan KUA-PPAS, awalnya kan di Musrenbang, kemudian ke rencana kerja pemerintah (RKP), abis itu diajukan ke dewan. Nah, mafia anggaran munculnya di musrenbang sampai pembahasan. Gimana modusnya?, nanti diakhir sebelum pleno ada penambahan di komponen," ungkap dia.

Disisi lain, ia mengimbau pentingnya peran Koordinator di setiap Komisi yang ada di DPRD DKI.

"Sebenarnya Koordinator berperan penting dalam menyatakan layak dan tidaknya penyusunan anggaran itu. Bisa juga, dengan alasan layak Koordinator bisa menambahkan entah jumlah, kuantitas atau kualitas program yang akan dilaksanakan," terang dia. 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati