• News

  • Peristiwa

Harga BBM Naik, Warga Iran Lakukan Demo

Harga BBM naik, warga Iran lakukan demo.
Skanaa
Harga BBM naik, warga Iran lakukan demo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Iran memberlakukan penjatahan bensin dan menaikkan harga BBM setidaknya 50 persen pada Jumat(15/11/2019).

Uang dari kenaikan harga BBM itu akan digunakan sebagai bantuan langsung tunai kepada warga yang membutuhkan.

Di bawah skema yang baru, warga harus mengeluarkan 15.000 riyal per liter (sekitar Rp5.000) untuk 60 liter pertama yang mereka beli setiap bulan. Setiap liter berikutnya dikenakan biaya 30.000 riyal (Rp10.000).

Akibat Kenaikan BBM tersebut, Aksi-aksi demo terjadi di sejumlah kota di Iran. Aksi-aksi protes ini digelar setelah pemerintah Iran mengumumkan keputusan mengejutkan mengenai pembatasan BBM dan kenaikan harga BBM.

Aksi-aksi demo yang digelar pada Jumat (15/11) malam waktu setempat di Sirjan, wilayah Iran tengah diwarnai kericuhan. Kantor berita Iran, IRNA melaporkan seperti dilansir AFP, Sabtu (16/11/2019), dalam aksi demo tersebut, warga menyerang sebuah depot penyimpanan BBM di kota tersebut dan mencoba membakarnya". Namun polisi datang untuk mencegah aksi mereka.

Dilaporkan IRNA, Minggu (17/11/2019),  bahwa dalam aksinya, para demonstran umumnya melakukan blokade lalu lintas dan aksi-aksi tersebut berakhir pada tengah malam.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani