• News

  • Peristiwa

Siswa Lulus SNMPTN 2020 Akan Ditolak Daftar SBMPTN 2020

Konferensi Pers Penerimaan mahasiswa baru di PTN
Dokumen NNC/Martina Rosa Dwi Lestari
Konferensi Pers Penerimaan mahasiswa baru di PTN

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan, siswa yang dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, akan ditolak saat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN). 

Pernyataan ini disampaikan saat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan secara resmi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020. Terdapat tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Dipaparkan bahwa mekanisme tiga jalur seleksi tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya. SNMPTN, berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya (yang ditetapkan PTN) dengan kuota minimal 20 persen dari daya tampung PTN, dan biaya ditanggung oleh pemerintah. 

"Siswa yang lulus dalam SNMPTN 2020 akan ditolak daftar SBMPTN 2020. Maka dari itu siswa diharap dapat memilih PTN dan program studi yang betul-betul ingin diambil," kata Mohammad Nasih baru-baru ini di Jakarta.

SBMPTN sendiri berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain, dengan kuota minimal 40 persen, dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Seleksi Mandiri juga dapat menggunakan hasil UTBK dan mekanisme yang ditentukan oleh PTN masing-masing, dengan kuota maksimal 30 persen.

Adapun syarat SBMPTN adalah Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018-2019 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sedrajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan. 

Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah. 

Syarat lain adalah memiliki nilai UTBK, memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi, dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

"Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu program studi pada dua PTN," kata dia.

Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Selanjutnya mengisi biodata (kecuali bagi yang sudah menjadi peserta SNMPTN).

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati